Pola Komunikasi Interpersonal Mentor Wirausaha Pondok Pesantren Dalam Memotivasi Santri Untuk Berwirausaha (studi kasus Ponpes Al Mawaddah Honggosoco Kudus)

Lutfiyah, Nurhydayatun Ni’matul (2022) Pola Komunikasi Interpersonal Mentor Wirausaha Pondok Pesantren Dalam Memotivasi Santri Untuk Berwirausaha (studi kasus Ponpes Al Mawaddah Honggosoco Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (876kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (429kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (201kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (677kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

Komunikasi merupakan sebuah kegiatan yang bisa dilakukan apabila keterlibatan orang-orang yang ada didalamnya memiliki kesamaan makna atau mampu memahami apa yang tengah disampaikan. dan fungsi komunikasi dalam pembinaan santri Al Mawaddah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penggunaan jenis penelitian lapangan bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) bagaimana pola komunikasi mentor wirausaha dalam pembinaan entrepreneur di Al Mawaddah, 2) faktor pendukung dan penghambat mentor wirausaha dalam pembinaan entrepreneurship. Subyek dalam penelitian ini adalah mentor (tim penggerak) dan santri Pondok Pesantren Al Mawaddah Honggosoco Kudus. Data-data yang bersangkutan tentang komunikasi interpersonal dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik Triangulasi (sumber, teknik, dan waktu), perpanjangan pengamatan.Analisis yang dilakukan peneliti menggunakan urutan langkah pengumpulan data, mereduksi data, Display (penyajian data), Para mentor memotivasi santri secara lisan dan bertatap muka langsung face to face untuk mempengaruhi para santri. Selain dalam bentuk lisan, komunikasi juga disampaikan dalam bentuk tulisan berupa pesan motivasi yang disampaikan melalui via WatsApp. Bentuk komunikasi non verbal yang digunakan yaitu berupa penyampaian pesan dengan menggunakan bahasa isyarat (gerak tubuh, sikap, kontak mata, ekspresi tubuh, dan sentuhan). Adapun jenis komunikasi mentor wirausaha dalam pembinaan santri Enterpreneurship Al Mawaddah termasuk dalam jenis komunikasi diadik dan komunikasi small group. Dapat diklasifikasikan dalam jenis komunikasi diadik yaitu terdapat proses komunikasi antara mentor dan santri yang berlangsung antara dua oranng secara tatap muka dimana ada pihak dominan dan yang lain menjawab. Sedangkan komunikasi yang digunakan antara mentor dengan para santri diklasifikasikan dalam jenis small group komunikasi karena terdapat kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari tiga orang yakni seorang mentor dan ada dua santri laiinya melakukan interaksi bertatap muka dimana ada yang berperan sebagai komunikan dan komunikator. Pola komunikasi interpersonal mentor wirausaha dalam pembinaan kewirausahaan Al Mawaddah berdasarkan teori komunikasi interpersonal mencakup aspek keterbukaan (Openess), empati, sikap saling mendukung (Supptortiveness). Sedangkan motivasi para santri Enterpreneurship untuk berwirausaha di pondok pesantren Al Mawaddah adalah adanya keuntungan (profit) yang didapat, kemandirian, kerja keras, serta komitmen dan tanggung jawab bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, motivasi, wirausaha
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:38
Last Modified: 20 Feb 2023 02:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8577

Actions (login required)

View Item View Item