Implementasi Penerapan Metode Pembiasaan dalam Pembentukan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas II di MI NU Matholi’ul Huda Bangkalan Krapyak Kaliwungu Kudus

Susilowati, Veni (2022) Implementasi Penerapan Metode Pembiasaan dalam Pembentukan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas II di MI NU Matholi’ul Huda Bangkalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (550kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (348kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (606kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (445kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (623kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB)

Abstract

Metode pembiasaan adalah sesuatu yang sengaja dilakukan secara berulang-ulang agar sesuatu yang dilakukan itu menjadi suatu kebiasaan. Metode pembiasaan digunakan pada siswa MI agar mempermudah membentuk sikap percaya diri siswa. Tujuan di gunakan metode pembiasaan sebagai membentuk sikap percaya diri siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui bagaimana penerapan metode pebiasaan dalam membentuk sikap percaya diri siswa. (2) mengetahui bagaimana kendala-kendala metode pebiasaan dalam membentuk sikap percaya diri siswa. (3) mengetahui solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi guru pada penerapan metode pembiasaan dalam pembentukan sikap percaya diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau Field reseach, dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer meliputi kepala MI, guru kelas dan siswa. Sumber data sekunder yaitu dokumentasi tentang sejarah berdirinya MI NU Matholi’ul Huda, visi dan misi, struktur organisasi, kurikulum MI dan dokumentasi lainya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan menganalisis data. Analisis data dengan menelaah seluruh data, mereduksi, serta menarik kesimpulan. Analisis data dengan pemeriksaan beabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penerapan metode pembiasaan dalam pembentukan sikap percaya diri siswa kelas II di MI NU Matholi’ul Bangkalan Krapyak Kaliwungu Kudus berlangsung secara efektif, metode yang digunakan serta evaluasi yang diterapkan oleh guru dapat diterima oleh siswa. (2) kendalanya yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan diri anak sendiri. (3) solusi yang diterapkan yakni memberikan yang tepat dan memberikan motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Pembiasaan, Membentuk Sikap Percaya Diri, Siswa Kelas II
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Feb 2023 01:29
Last Modified: 21 Feb 2023 01:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8616

Actions (login required)

View Item View Item