Strategi Guru Fiqih dalam Membina Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa ( Studi Kasus Sholat Dhuha dan Dhuhur Berjamaah Di MA Miftahut Thullab Putatsari Grobogan)

Rif`an, Ahmad (2022) Strategi Guru Fiqih dalam Membina Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa ( Studi Kasus Sholat Dhuha dan Dhuhur Berjamaah Di MA Miftahut Thullab Putatsari Grobogan). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (986kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (435kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (665kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (820kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (517kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (451kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kondisi kedisiplinan sholat berjamaah siswa sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi Kedisiplinan dan Strategi yang digunakan dalam membina kedisiplinan sholat berjamaah siswa. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode Kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini yaitu Waka kurikulum selaku Guru Fiqih dan siswa di MA Miftahut Thullab. Tehnik pengujian keabsahan data yang digunakan oleh peneliti yaitu melalui uji keabsaan data dengan berbagai cara antara lain; menggunakan triangulasi, perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan dan mengadakan member chek. Untuk teknik analisis data, peneliti melakukan analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data sehingga didapatkan sebuah kesimpulan dari penelitan tersebut. Setelah data-data dikumpulkan dan dianalisis diperoleh hasil temuan yaitu: 1) Kondisi kedisiplinan sholat berjamaah di MA Miftahut Thullab yaitu hampir mayoritas siswa di MA Miftahut Thullab Putatsari Grobogan disiplin dalam melaksanakan sholat berjamaah yaitu sholat dhuha berjamaah yang di lakukan di masjid sekolah maupun sholat dhuhur berjamaah yang dilakukan di rumah masing - masing, dan 2) Strategi yang di terapkan guru fiqih dalam membina kedisiplinan sholat berjamaah. Pertama Perumusan Visi dan Misi, Visi MA Miftahut Thullab yang berterkait dengan kegiatan dalam rangka sholat berjamaah adalah Seimbang dalam Amal dan Ilmu Siswa, kemudian terkait dengan Misi MA Miftahut Thullab adalah Implementasi Kebudayaan Islam berupa praktek keagamaan dalam bentuk sholat berjamaah. Kedua Penerapan Program Kegiatan Khusus yaitu 1) Penerapan kegiatan sholat berjamaah yang meliputi sholat dhuha dan dhuhur berjamaah 2) Penerapan Kultum yang dilaksanakan siswa dan guru fiqih setiap selesai sholat dhuha berjamaah. Ketiga Penggunaan Metode dalam membina kedisiplinan yaitu 1) Metode Pembiasaan, 2) Metode Keteladanan, 3) Metode Pemberian reward/ hadiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru Fiqih, Strategi, Kedisiplinan
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:59
Last Modified: 21 Feb 2023 02:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8647

Actions (login required)

View Item View Item