Efektivitas Metode Cerita dalam Melatih Imajinasi Siswa pada Proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV di MI Tarbiyatul Islamiyah Pecangaan Winong Pati

Selvia, Fera Shella Milanda (2022) Efektivitas Metode Cerita dalam Melatih Imajinasi Siswa pada Proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV di MI Tarbiyatul Islamiyah Pecangaan Winong Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (699kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (254kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (616kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (229kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anggapan beberapa orang mengenai imajinasi merupakan hal yang sia-sia dan tidak bermanfaat. Pandangan tersebut justru kurang tepat. Berimajinasi bisa membuat anak lebih kreatif. Di mana Otak akan berfikir bagaimana cara menemukan solusi dari masalah itu sendiri. Ketrampilan berimajinasi dalam dunia anak-anak merupakan sesuatu yang sangat penting, karena dengan ketrampilan berimajinasi anak akan mempunyai kesempatan untuk menciptakan suatu objek, tanpa terkendala oleh kenyataan dan realitas sehari-hari. Anak bebas berpikir sesuai latar belakang pengetahuan, pengalaman dan sesuai dengan khayalannya. Sehingga dalam permasalahan yang ada peneliti fokus melakukan penelitian dalam melatih imajinasi siswa menggunakan metode cerita pada proses pembelajaran SKI. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Selanjutnya peneliti menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: 1. Penerapan metode cerita dalam melatih imajinasi siswa pada proses pembelajaran SKI di MI Tarbiyatul Islamiyah Pecangaan Winong Pati dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. 2. Adapun penerapan metode cerita pada pembelajaran SKI kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Winong secara umum sudah berjalan efektif dalam melatih imajinasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari peristiwa yang dibayangkan siswa dalam proses berimajinasi. Dalam hal ini imajinasi yang muncul pada diri siswa pada pembelajaran SKI termasuk imajinasi terpimpin, dimana timbulnya imajinasi itu karena pengaruh gambaran orang lain. Orang lain yang dimaksud adalah seorang guru. Peran guru penting untuk mempengaruhi siswa dalam mengembangkan imajinasinya, karena guru yang merencanakan dan melaksanakan pembelajaran tersebut. 3. Faktor pendukung penerapan metode cerita dalam melatih imajinasi siswa pada proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV di MI Tarbiyatul Islamiyah Islamiyah ada 3 yaitu adanya peserta didik yang antusias, guru yang mampu menguasai materi, dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat penerapan metode cerita dalam melatih imajinasi siswa pada proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV di MI Tarbiyatul Islamiyah Islamiyah ada 2 yaitu pandemi covid-19 dan konsentrasi siswa yang mudah berubah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, metode cerita, Imajinasi Siswa.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:35
Last Modified: 22 Feb 2023 01:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8668

Actions (login required)

View Item View Item