Azzahroh, Alfina (2022) Eksplorasi Etnomatematika Melalui Aktivitas fundamental Matematis pada Kesenian Tayub Kabupaten Blora. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (381kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (480kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (356kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (660kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (294kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan sejarah serta perkembangan Kesenian Tayub (2) Menjelaskan gambaran pertunjukan Kesenian Tayub (3) Mengetahui aspek fundamental matematis menurut Bishop yang ada pada Kesenian Tayub Dan (4) Mengetahui Implementasi aspek matematis yang terkandung dalam Kesenian Tayub pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi, lebih spesifiknya peneliti menerapkan penelitian Micro-Etnografhy berbasis Emic Approach. Objek penelitian ini adalah aktivitas fundamental matematis pada Kesenian Tayub Margo Laras Dusun Kemrisik. Subjek penelitian ini yaitu: Pimpinan Komunitas Tayub, Anggota Komunitas Tayub, Kepala Desa Sambonganyar, Ketua Wilayah (Dusun Kemrisik), Seniman, Guru Matematika SMP dan Masyarakat Dusun Kemrisik. Metode pengumpulan data yang dipakai ketika penelitian adalah wawancara semi-terstruktur, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Data Collection (Pengumpulan Data), Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing (Penarikan kesimpulan) Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa (1) terdapat aktivitas fundamental menurut Bishop dalam Kesenian Tayub, diantaranya yaitu aspek Counting pada jumlah penari Tayub, ketukan gerakan Tayub, jumlah kostum atau aksesoris, jumlah alat musik pengiring, serta harga sewa dan bayaran pementasan. Locating yakni pada posisi penari Tayub, letak aksesoris penari Tayub, posisi penempatan alat musik, lokasi penempatan asset komunitas, dan menentukan lokasi pementasan. Measuring pada pengukuran jarak antar penari, durasi waktu pementasan, durasi pemakaian kostum, kecepatan tempo alat musik, dan anggaran keuangan komunitas. Designing pada perancangan pola lantai, perancangan kostum penari, bentuk alat musik, dan struktur kepengurusan komunitas. Playing pada cara memainkan alat musik, strategi pemasaran, penentuan jadwal latihan, dan kriteria pemain. Explaining pada makna gerakan Tayub, makna kostum Tayub, makna alunan musik pengiring Tayub, kendala komunitas, dan rencana pengembangan komunitas. (2) Dalam aspek fundamental tersebut terdapat aspek matematis yang dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran matematika khususnya jenjang SMP/MTs. sebagai acuan sumber belajar berbentuk media pembelajaran sebagai penunjang sekaligus jembatan untuk memahami pelajaran matematika itu sendiri. Implementasi aspek matematis pada Kesenian Tayub di kelas VII bisa diterapkan pada 5 KD dari 12 KD yang ada, kelas VIII bisa diterapkan pada 1 KD dari 11 KD yang ada. Dan kelas IX bisa diterapkan pada 1 KD dari 5 KD yang ada. Kemudian juga bisa dibuatkan RPP mengenai bangun ruang sisi lengkung materi volume dan luas permukaan tabung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Aktivitas Fundamental Matematis, Kesenian Tayub |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 04:09 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 04:09 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8748 |
Actions (login required)
View Item |