Strategi Pemasaran Dan Implementasi Marketing Mix Pada Pembiayaan Murabahah Di KJKS BMT Muamalat Mulia Kudus

Malikha, Luluk (2022) Strategi Pemasaran Dan Implementasi Marketing Mix Pada Pembiayaan Murabahah Di KJKS BMT Muamalat Mulia Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (588kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (284kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (747kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (245kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan perekonomian di Indonesia, menjadikan persaingan bisnis semakin ketat bagi lembaga keuangan. Persaingan merebutkan pangsa pasar membuat KJKS BMT Muamalat Mulia harus mengkaji strategi pemasarannya tidak hanya mengandalkan produk yang berkualitas dan harga bersaing, tetapi didukung oleh upaya-upaya untuk mempromosikan produk atau jasa yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan implementasi marketing mix pada pembiayaan murabahah yang dilakukan KJKS BMT Muamalat Mulia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui sumber data primer yakni manager, marketing, dan anggota BMT, serta menggunakan data sekunder yakni data laporan keuangan dan dokumen pendukung. Metode pengumpulan data digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan KJKS BMT Muamalat Mulia pada pembiayaan murabahah menggunakan strategi segmenting dengan variabel geografi wilayah dan psikografi kelas sosial menengah ke bawah. Strategi targeting dengan menetapkan dua segmen tersebut sebagai pasar sasarannya dan positioning dengan memberikan produk pembiayaan yang berkualitas sesuai kebutuhan masyarakat sekitar. Perbedaan strategi pemasaran antara pembiayaan murabahah dengan pembiayaan musyarakah dan mudharabah terletak pada strategi promosi yang dilakukan. Adapun penerapan dalam memasarkan produk pembiayaan murabahah secara umum menggunakan teori marketing mix 7P yang meliputi Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Marketing Mix, Pembiayaan Murabahah
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:40
Last Modified: 27 Feb 2023 01:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8751

Actions (login required)

View Item View Item