Romdhoni, Muhammad Faiz (2022) Peran Pondok Pesantren untuk Pembinaan Akhlak Siswa (Studi Kasus di Pondok Pesantren Ar-Rosyidiyah, Bategede, Nalumsari, Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (355kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (500kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (548kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (368kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (604kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (277kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) |
Abstract
Belakangan ini akhlak atau tingkah laku insan sudah sangat memprihatikan, terutama tingkah laku para remaja penerus bangsa ini, diakui maupun tidak, perilaku para remaja serta anak-anak pada era terbaru ini menjadi sangat mengkhawatirkan. Permasalahan di atas ialah akibat dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang membawa sedikit akibat negatif bagi kehidupan masyarakat, saat ini insan terlampau mengejar materi sebagai akibatnya melupakan nilai-nilai spritual keagamaan yang sebenarnya mempunyai fungsi untuk memelihara serta mengendalikan akhlak supaya kita tidak melebihi batas dan melanggar syariat agama. di sinilah peran pesantren diperlukan, sebab tradisi yang dimiliki sebuah pesantren dapat memberikan peluang untuk menyelesaikan persoalan-persoal seputar humanisme. Berdasarkan hal itu penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan 1) Bagaimana pondok pesantren ar-rosyidiyah dalam menerapkan pendidikan karakter terhadap para siswa. 2) Bagaimana pola pendidikan pondok pesantren ar-rosyidiyah dalam pembinaan akhlak siswa. 3) Apa saja bentuk kegiatan yang dilakukan pondok pesantren ar-rosyidiyah dalam membina akhlak siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, observasi tidak langsung wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Tahapan pengumpulan data melalui prosedur reduksi, penyajian serta penarikan kesimpulan. Pengumpulan data berakhir setelah peneliti tidak menemukan data baru, kemudian penulis mengulas dan menyimpulkannya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap para Siswa di Pondok Pesantren Ar-rosyidiyah yaitu berupa: keimanan, kedisiplinan, kesabaran dan keikhlasan. Yang ke-dua, berdasarkan data yang ada pola pendidikan pesantren Ar-rosyidiyah berupaya memenuhi 3 kebutuhan dasar sikap yang mengacu pada perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak. Yang ke-tiga, bentuk kegiatan yang dilakukan pondok pesantren Ar-rosyidiyah dalam membina akhlak santri ada berbagai macam bentuk kegiatan seperti: sorogan dan bandongan kitab, khotbah, khitobah, peringatan hari besar dalam Islam, serta Istighosah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan Akhlak, IPTEK, Pondok Pesantren |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 03:34 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 03:34 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8774 |
Actions (login required)
View Item |