Khusnah, Nailal (2022) Kreativitas Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Pada Pembelajaran Daring Di MA NU Ma'arif Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (627kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (262kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (348kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (613kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (290kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (514kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (257kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran jarak jauh yang nilai kedisiplinan siswa menjadi berkurang karena kondisi menjadikan pengendalian peraturan semakin sulit. Rasa tanggung jawab seorang siswa juga akan berkurang karena dengan belajar di rumah biasanya seenaknya saja tidak memperhatikan atau bahkan formalitas hanya memasuki forum saja yang penting sudah absen. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru PAI dalam membentuk karakter disiplin siswa pada pembelajaran daring di MA NU Ma'arif Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di MA NU Ma'arif Kudus. Subjek penelitianya yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, waka sarana dan prasarana, guru, beberapa peserta didik MA NU Ma'arif Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Adapun analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu menggunakan tiga langkah di antaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas guru MA NU Ma’arif Kudus adalah dengan menyampaikan materi pelajaran dengan bahasa yang sederhana sehingga dapat dengan mudah dipahami peserta didik, guru juga memanfaatkan media-media pembelajaran yang telah disiapkan sebelumnya. (2) Siswa terbiasa untuk selalu tepat waktu saat mengikuti pembelajaran online. Selain itu, siswa juga terbiasa dalam mematuhi peraturan yang di buat oleh guru. (3) Faktor pendukung, dan penghambat dalam menerapkan karakter disiplin siswa yaitu: motivasi belajar, kebiasaan keluarga, dan lingkungan. Solusi dari faktor penghambat tersebut yaitu harus ada upaya dari guru dan keluarga dalam memotivasi siswa agar rajin belajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Pembentukan kedisiplinan siswa yaitu dimulai dari rumah. Peran orang tua memberikan perhatian, baik secara fisik maupun psikologis. Guru dan orang tua mempunyai tanggung jawab penuh dalam mengontrol dan memperhatikan siswa dalam bergaul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru PAI, Karakter Disiplin |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 06:58 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 06:58 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8788 |
Actions (login required)
View Item |