Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Kelompok B Usia 3-4 Tahun Di KB Annur Khoiriyatul Ulum Tegalharjo Trangkil Pati

Hanifah, Siti (2022) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Kelompok B Usia 3-4 Tahun Di KB Annur Khoiriyatul Ulum Tegalharjo Trangkil Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (486kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (482kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (358kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang: (1) Keterampilan motorik halus anak di kelompok B usia 3-4 tahun di KB Annur Khoiriyatul Ulum Tegalharjo Trangkil Pati. (2) Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok B usia 3-4 tahun di KB Annur Khoiriyatul Ulum Tegalharjo Trangkil Pati melalui kegiatan mewarnai. (3) Faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mewarnai di kelompok B usia 3-4 tahun di KB Annur Khoiriyatul Ulum Tegalharjo Trangkil Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kelas B KB Annur Khoiriyatul Ulum Tegalharjo Trangkil Pati yang berjumlah 24 anak. Alat yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan motorik halus anak yang dihasilkan yaitu anak bisa menggerakkan jari-jemarinya dengan baik. (2) upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak adalah menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. (3) faktor yang menghambat perkembangan motorik halus anak adalah kurangnya fokus anak untuk memperhatikan guru, sedangkan faktor yang mendukung perkembangan motorik halus adalah tersedianya media pembelajaran yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Kegiatan Mewarnai
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:44
Last Modified: 03 Mar 2023 02:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8852

Actions (login required)

View Item View Item