Fitrianingsih, Siti (2022) Implementasi Pembelajaran Makharijul Huruf Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Alqur’an di Ponpes Al-Ghurobba’ Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01.COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (310kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (409kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (388kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (504kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (318kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kualitas membaca Alqur’an santri dalam meningkatkan kualitas santri membaca Alqur’an di pondok pesantren Al-Ghurobba’ Kudus 2) Implementasi pembelajaran makharijul huruf dalam meningkatkan kualitas santri putri membaca Alqur’an dipondok pesantren Al-Ghurobba’ Kudus 3) Hasil pembelajaran makharijul huruf dalam meningkatkan kualitas santri membaca Alqur’an dipondok pesantren Al-Ghurobba’ Kudus Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara dengan pengasuh pondok, ustadzah, ketua pondok, pengurus pendidikan, dan santri, serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data yaitu yang dilakukan melalui observasi (pengamatan), wawancaradan dokumentasi terhadap lokasi penelitian dipondok Al-Ghurobba’ Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kualitas membaca Alqur’an santri dipondok Al-Ghurobba’ ini dibuktikan banyaknya santri yang mendapatkan beasiswa tahfidz di IAIN Kudus 2) Implementasi pembelajaran makharijul huruf di Pondok Pesantren Al-Ghurobaa’ Kudus telah dilaksanakan sejak tahun 1995 M, dan telah berjalan dengan lancar sampai sekarang. Para santri menyebut pembelajaran makharijul huruf tersebut dengan sebutan pembekalan, karena lebih mudah diucapkan bagi para santri pondok yang mayoritas berlidah jawa. 3) hasil pembelajaran makharijul huruf di pondok pesantren Al-Ghurobaa’ sudah bagus dan benar-benar sudah menerapkan makharijul huruf untuk meningkatkan kualitas membaca Alquran. Santri baru sebelum setoran hafalan Alquran kepada pengasuh harus melampui pembelajaran makharijul huruf yang terdiri dari tiga makhraj yaitu santri harus dapat melafalkan makhraj setiap huruf hijaiyyah dengan benar, dan mengetahui letak-letak makharijul huruf. Dengan teori tersebut, santri dapat mempraktikan ketika membaca Alquran. Sehingga membaca Alqurannya dengan tartil, lancar, dan fashih. hasil penelitian yang didapat dari lapangan, kemampuan para santri yaitu semakin baik dan lancar dalam membaca Alquran, mengingat bahwa pada awal masuk mereka masih terbata-bata dalam membaca Alquran. Mereka mempelajari dari pemahaman makhraj setiap huruf hijaiyyah, dan akhirnya sampai mereka dapat membaca Alquran dengan lancar. Sehingga santri yang sudah dapat membaca Alquran dengan fashih, tartil, bacaannya sesuai dengan tajwid, dan menerapkan mkahraj ketika membaca Alquran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pembelajaran Makharijul Huruf, Kualitas Membaca Alqur’an |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 03:11 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 03:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8936 |
Actions (login required)
View Item |