Habbi, Muhammad Faliqul (2022) Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas Viii Di Mts Al-Muttaqin Rengging Pecangaan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (364kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (470kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (383kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (603kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (219kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah studi penelitian kuantitatif, yang mencoba untuk mengetahui adakah pengaruh kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin Rengging. Dimana terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa itu sendiri. Kegiatan keagamaan bisa diindikasikan dalam kerajinan seorang siswa. Karena jika siswa sudah rajin dalam menjalankan segala kegiatan keagamaan tanpa adanya kepaksaan ataupun ikatan peraturan dan menjalankannya dengan kemauan dirinya sendiri maka besar kemungkinan siswa dapat dipastikan rajin dalam hal belajar. Sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah 58 siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin Rengging. Data-data tentang kegiatan keagamaan siswa didapatkan melalui teknik penyebaran angket serta observasi dan data hasil belajar siswa didapatkan melalui teknik dokumentasi dari data nilai PTS mata pelajaran Fiqih siswa kelas VIII. Setelah data-data semua terkumpun kemudian data diolah dengan menggunakan teknik analisis data uji hipotsis dalam analisis regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi (R Square) dengan bantuan aplikasi SPSS Statistics 2 dan diperoleh hasil sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII di MTs Al-Muttaqin desa Rengging kecamatan Pecangaan kabupaten Jepara. Dan 2) kegiatan keagamaan (X) mempengaruhi hasil belajar (Y) mata pelajaran fiqih siswa sebesar 26,6% sedangkan yang 73,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan keagamaan (X) berpengaruh positif bagi hasil belajar Fiqih siswa (Y) dengan total presentase berpengaruh sebesar 26,6%. Pengaruh positif artinya semakin tinggi atau rajin kegiatan keagamaan siswa maka akan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar Fiqih siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Keagamaan. Hasil Belajar dan Fiqih |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 03:26 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 03:26 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8941 |
Actions (login required)
View Item |