Setiana, Windi (2022) Analisis Kegiatan Donor Darah PMI Sebagai Sumber Belajar IPA Berbasis Kontekstual SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (671kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (574kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (539kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (364kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif saintifik kegiatan donor darah dan untuk mengetahui keterkaitan kegiatan donor darah dengan Standar Kompetensi Kompetensi Dasar (SK-KD) pada tingkat SMP/MTS. Penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis deskriptif. Pendekatan yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah observasi langsung di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupatem Kudus. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan wawancara kepada pengurus PMI Kabupaten Kudus bagian donor darah. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu buku-buku, kepustakaan, internet dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan donor darah dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPA jika dilihat dari perspektif saintifik dan juga Standar Kompetensi Kompetensi Dasar (SK-KD) pada tingkat SMP/MTs. Kegiatan donor darah mulai dari persyaratan donor, pengolahan darah, dan manfaat donor semuanya dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA. Sebanyak 2 kegiatan donor darah yang berkesesuaian dengan Kompetensi Dasar (KD) kelas VII IPA SMP/MTs yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPA SMP/MTs yaitu tentang pengukuran berat badan dan pengecekan suhu. Sebanyak 9 kegiatan donor darah yang berkesesuaian dengan Kompetensi Dasar (KD) kelas VIII IPA SMP/MTs yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPA SMP/MTs yaitu pengecekan hemoglobin, pengukuran tekanan darah dengan tensimeter, peletakan kantong darah lebih rendah dari pendonor, jarak donor darah minimal 60 hari sejak donor darah sebelumnya, donor darah antara golongan darah pendonor dengan golongan darah penerima harus sama, pemisahan komponen darah dan penyakit yang membutuhkan donor darah, upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah melalui donor darah, dan kesesuaian rhesus antara pendonor dan penerima darah donor. Sebanyak 2 kegiatan donor darah yang berkesesuaian dengan Kompetensi Dasar (KD) kelas IX IPA SMP/MTs yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPA SMP/MTs yaitu rhesus pendonor harus sama dengan rhesus orang yang menerima donor darah dan menstruasi tidak diperbolehkan donor darah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Donor Darah, Kompetensi Dasar, Sumber Belajar IPA | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 02:38 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 02:38 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9002 |
Actions (login required)
View Item |