Ubaidah, Faza (2022) Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Kontekstual Learning Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMP Islam Ummina Blora. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (384kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (420kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (366kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (495kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (297kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan penerapan model pembelajaran inovatif (kontekstual learning) pada mata pelajaran IPS yang hasilnya kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran inovatif (kontekstual learning) pada mata pelajaran IPS. 2) Respon siswa pada penerapan model pembelajaran inovatif (kontekstual learning) pada mata pelajaran IPS. 3) faktor-faktor yang melatar belakangi penerapan model pembelajaran inovatif (kontekstual learning) pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Ummina Blora. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (filed research), dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan peneltiian, pengamatan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, pendekatan ini digunakan peneliti untuk memperoleh data tentang fakta penerapan model pembelajaran inovatif (kontekstual learning) pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Ummina Blora. Dari informan yang terkait dengan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik, waktu. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran inovatif (kontekstual learning) pada mata pelajaran IPS belum berjalan sesuai harapan guru, sehingga penerapan model tersebut hasilnya kurang maksimal. 2) Respon siswa didominasi siswa yang kurang aktif karena pada saat penyampaian materi banyak siswa yang belum memperhatikan dengan baik. 3) faktor-faktor yang melatar belakangi penerapan model pembelajaran inovatif (kontekstual learning) pada mata pelajaran IPS, dilatar belakangi faktor pendukung yakni tuntutan administrasi berdasarkan kurikulum, dan faktor penghambat yakni kurangnya ketertarikan siswa dalam belajar IPS, waktu belajar, dan sarana dan prasarana yang kurang memadai sehingga membuat model inovatif (kontekstual learning) sulit diterapkan yang mengakibatkan hasilnya kurang maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Model Pembelajaran Inovatif, Pelajaran IPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 08:10 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 08:10 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9046 |
Actions (login required)
View Item |