Yusniawati, Yusniawati (2022) Analisis Model Supervisi dan Kepemimpinan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA NU Al-Hidayah Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (546kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (377kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (794kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (756kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (778kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (905kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (366kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana model supervisi yang dilaksanakan kepala madrasah di MA NU Al-Hidayah Kudus?; (2) Bagaimana tipe kepemimpinan kepala madrasah di MA NU Al-Hidayah Kudus?; (3) Bagaimana upaya peningkatan mutu pendidikan melalui supervisi dan kepemimpinan di MA NU Al-Hidayah Kudus?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di MA NU Al Hidayah Kudus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis deskriptif yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data dsiplay), dan verifikasi (conclusion). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Supervisi di MA NU Al-Hidayah Kudus dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam setahun oleh kepala madrasah (kamad) melalui kunjungan kelas dan observasi langsung terhadap guru yang mengajar di kelas. Tahapan supervisi yang telah dilaksanakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Layanan supervisi difokuskan pada bidang akademik. Supervisi yang dilaksanakan di MA NU Al-Hidayah termasuk dalam tipe training dan guidance (latihan dan bimbingan) dimana guru-guru mendapatkan bimbingan-bimbingan dan arahan dari kamad baik dalam hal pembuatan perangkat pembelajaran, pemilihan materi, metode, media, dan pengelolaan kelas; (2) Kepemimpinan kepala MA NU Al-Hidayah Kudus tercermin dari peran, fungsi, dan perilaku/aktivitas yang dilakukan pemimpin dalam kegiatan pengelolaan pendidikan di lembaganya. Beberapa peran yang telah dijalankan kamad, di antaranya: model keteladanan, pemecah masalah, pembelajar, motivator, dan pencipta iklim yang kondusif. Selain itu fungsi instruksi, konsultasi, partisipasi, delegasi, dan pengendalian juga telah dilaksanakan. Berdasarkan perilaku dan aktivitas kepemimpinan yang ditampilkan, maka kepemimpinan kamad di MA NU Al-Hidayah termasuk dalam tipe kepemimpinan demokratik. Tipe kepemimpinan ini dicirikan dari segenap upaya yang dilakukan kamad dalam memberdayakan setiap anggotanya dalam pengelolaan pendidikan dan lebih mementingkan musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan; (3) Upaya peningkatan mutu pendidikan di MA NU Al-Hidayah dilakukan kamad melalui supervisi dan kepemimpinan. Supervisi yang dilaksanakan telah memenuhi standar minimal sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bab standar pengelolaan. Hanya saja dari segi pelaporannya belum dilakukan secara optimal. Sementara itu, tipe kepemimpinan demokratik yang dijalankan kamad mampu berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA NU A-Hidayah. Ini karena pemimpin telah menjalankan peran, fungsi kepemimpinan, mampu membangkitkan dan memupuk kepercayaan diri pada guru juga staff serta membina kerja sama tim yang solid
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | model supervisi; kepemimpinan; peningkatan mutu | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 01:39 | |||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 01:39 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9081 |
Actions (login required)
View Item |