Peran Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Melalui Pembiasaan Di MI Mansyaul Ulum Wedarijaksa Pati

Yuliana, Yuliana (2022) Peran Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Melalui Pembiasaan Di MI Mansyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (596kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (511kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (191kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (576kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kompetensi guru dalam mengembangkan karakter disiplin melalui pembiasaan di MI Mansyaul Ulum Wedarijaksa Pati. 2) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan karakter disiplin melalui pembiasaan di MI Mansyaul Ulum Wedarijaksa Pati. 3) Hasil kompetensi guru dalam mengembangkan karakter disiplin melalui pembiasaan di MI Mansyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Jenis penelitian ini yaitu penelitian (field research) atau penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas yang dimulai dari kelas 1 sampai kelas 6 dan peserta didik serta dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi Guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa melalui pembiasaan di MI Mansyaul Ulum Wedarijaksa Pati menggunakan empat kompetensi yakni kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. 2) Faktor pendukung kompetensi guru dalam mengembangkan karakter disiplin melalui pembiasaan di MI Mansyaul Ulum Wedarijaksa Pati meliputi: adanya kontrol dari kepala sekolah, adanya peran aktif bapak dan Ibu guru, kerjasama orang tua dan guru, dan kesadaran peserta didik. Sedangkan faktor penghambat nya meliputi: faktor keluarga, faktor lingkungan dan kurangnya pantauan guru. 3) Hasil dari kompetensi guru dalam mengembangkan karakter disiplin melalui pembiasaan di MI Mansyaul Ulum Wedarijaksa dapat dilihat dari perubahan sikap dan perilaku yang dialami oleh peserta didik, Hasil disiplin dari kelas I, II, III, IV, V, IV dengan sikap spiritual dan sikap sosial mempunyai skor 3 dan 4 dengan penjelasan 3= baik, 4= sangat baik. Jadi 95 % sikap disiplin siswa baik. Kompetensi profesional guru mampu memilih materi pembelajaran dan metode atau cara penanaman karakter disiplin yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, bertanggung jawab terhadap tugasnya dan memberikan contoh yang baik serta guru sudah menguasai substansi keilmuan yang sesuai dengan pendidikan yang ditempuh. Kompetensi pedagogik berupa pelaksanaan pembelajaran sesuai RPP pada saat masuk kelas guru membiasakan salam, berdoa, membaca asmaul husna, membiasakan izin ketika masuk dan keluar kelas dan disiplin aturan seperti mengumpulkan tugas tepat waktu. Sedangkan kompetensi kepribadian tercermin dalam sikap dan perilaku: datang ke sekolah dengan tepat waktu, berpakaian rapi, membaca asmaul husna, pembiasaan lingkungan yang bersih dan melakukan pembiasaan 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Karakter Disiplin, Pembiasaan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:34
Last Modified: 13 Mar 2023 02:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9101

Actions (login required)

View Item View Item