Nikmah, Shoimmatun (2022) Pendidikan Manajemen Kepemimpinan Islami Bagi Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Kragan Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (279kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (486kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (868kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (295kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (730kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (367kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan manajemen kepemimpinan Islami bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Kragan, yang meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan dan 3) evaluasi pendidikan kepemimpinan Islami bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Kragan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitiannya merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu kepala sekolah dan waka kesiswaan, dan sumber data sekunder dari guru PAI, guru PKn dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, pengajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Manajemen Kepemimpinan Islami Bagi Peserta didik di SMP Negeri 1 Kragan yaitu meliputi: 1) Perencanaan pendidikan kepemimpinan Islami bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Kragan, terdiri dari: a) Tujuan pendidikan kepemimpinan Islami yaitu agar peserta didik memiliki sikap tanggungjawab serta dapat memimpin dirinya ditengah merosotnya moral pemuda jaman sekarang agar menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara, b) Program jangka pendek yaitu agar menerapkan kebiasaan positif sesuai norma dan syariat Islam setiap hari dan belajar mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Program jangka menengahnya yaitu melatih peserta didk untuk memanage diri, tetap berbagi dan saling membantu terhadap sesama. Dan program jangka panjangnya yaitu program pendidikan ini harus selaras dengan tujuan awal dari pendidikan kepemimpinan Islami di SMP Negeri 1 Kragan, yakni menjadikan peserta didik output SMP Negeri 1 Kragan sebagai generasi penerus bangsa yang berakhakul karimah yang dapat menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa dan Negara, c) Penjadwalan pedidikan kepemimpinan Islami disisipkan saat pembelajaran di dalam kelas dan untuk penjadwalan kegiatan-kegiatan pendidikan secara berkala bersifat fleksibel. d) Pendanaan pendidikan kepemimpinan Islami bersumber dari dana BOS dan dana swadaya dari peserta didik. 2) Pelaksanaan pendidikan kepemimpinan Islami bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Kragan, terdiri dari beberapa jenis pendidikan kepemimpinan. Dan prosesnya dilakukan dengan langkah-langkah yang tersitematis. 3) Evaluasi pendidikan kepemimpinan Islami bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Kragan, dilakukan dengan menganalisis standar hasil kegiatan dan standar kompetensi peserta didik, kemudian membandingkan antara standar dengan pelaksanaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Manajemen, Kepemimpinan, Peserta Didik. | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2023 02:13 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2023 02:13 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9151 |
Actions (login required)
View Item |