Khatami, Ahmad Chomacin Al (2022) Manajemen Islamic Boarding School Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP Muhammadiyah 5 Kalinyamatan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (536kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (379kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (520kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (826kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (599kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (199kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (586kB) |
Abstract
Mutu pendidikan di Indonesia mendapatkan nilai yang masih rendah. Masalah mutu berkaitan dengan proses pembelajaran yang mempengaruhi kualitas lulusan dilihat dari hasil belajarnya. Fokus penelitian mengenai aspek manajemen ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui manajemen Islamic Boarding School. (2) Untuk mengetahui manajemen Islamic Boarding School dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung, penghambat, dan solusi dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianguluasi yang meliputi triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Adapun analisis data dilakukan dalam empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen boarding school dilaksanakan dengan memperhatikan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam manajemen boarding school sudah memperhatikan aspek-aspek penting meliputi visi, misi, tujuan, kurikulum, struktur organisasi, program kegiatan, dan pemanfaatan sumber daya yang ada. (2) Manajemen boarding school mampu meningkatkan mutu pembelajaran yang berkaitan dengan kualitas input, proses, dan output. Pelaksanaan pembelajaran sudah dilaksanakan sesuai dengan Standar Proses dalam Standar Nasional Pendidikan. (3) Faktor internal dan eksternal dapat mempengaruhi manajemen peningkatan mutu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Boarding school, Mutu Pembelajaran. | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2023 02:26 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2023 02:26 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9154 |
Actions (login required)
View Item |