Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Melalui Keteladanan Guru Peserta Didik Kelas X MIPA di Madrasah Aliyah Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus

Arifah, Triana Zainnuba (2022) Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Melalui Keteladanan Guru Peserta Didik Kelas X MIPA di Madrasah Aliyah Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (454kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (575kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (757kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (482kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (539kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai akhlakul karimah peserta didik yaitu masih melanggar peraturan yang sudah dibuat oleh madrasah, pelanggaran yang masih sering dilakukan peserta didik yaitu datang ke madrasah tidak tepat waktu, kurang disiplin dalam hal berpakaian, tidak memperhatikan guru saat mengajar dikelas, nongkrong di parkir saat waktu istirahat dan merokok, guru di dalam menanamkan karakter akhlak terpuji berupa keteladanan yang sudah diterapkan oleh guru, dapat merubah sikap peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu kepala madrasah, guru mapel Pedidikan Agama Islam dan peserta didik MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik trigulasi sumber dan trigulasi teknik. Adapun analisis data menggunakan teori Miles and Huberman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatakan akhlakul karimah melalui keteladanan guru, untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi guru pendidikan agama islam dalam meningkatakan akhlakul karimah melalui keteladanan guru dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah melalui keteladanan guru kelas X MIPA di Madrasah Aliyah Salafiyah Ahmad Siad Kirig Mejobo Kudus. Hasil penelitian penulis yaitu upaya guru dalam meningkatkan akhlakul karimah yaitu guru memberikan dukungan atau edukasi terhadap peserta didik dalam meningkatkan akhlak terpuji, kesulitan guru dalam meningkatka akhlaku karimah ada dua faktor yaitu Faktor Internal guru dan faktor eksternal, untuk faktor internal guru yaitu keterbatasan waktu guru di sekolah dalam mencontohkan perilaku terpuji di sekolah sangat minim, karena waktu di rumah lebih banyak dari pada di madrasah. faktor eksternal peserta didik adalah adanya keragaman kedisiplinan peserta didik sehingga peserta didik belum mampu dalam melaksanakan kedisiplinan yang sudah diterapkan oleh guru di madrasah dalam melaksanakan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Guru dalam memberikan solusi terhadap peserta didik yaitu: mengefektifkan waktu yang ada di sekolah seperti menjaga kebersihan, menjaga kedisiplinan. Selain itu guru bekerja sama dengan staff untuk menangani peserta didik yang tidak di siplin dan tidak berprilaku terpuji seperti menjaga tata tertib sekolah dan menjaga nama baik sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusawamah, MualamatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Akhlakul Karimah, Peserta Didik, Keteladanan Guru
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:44
Last Modified: 14 Mar 2023 02:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9157

Actions (login required)

View Item View Item