Metode Bandongan Dan Sorogan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kitab Fikih Di MTs NU TBS Kudus

Candra, Muhammad Dicky Dwi (2022) Metode Bandongan Dan Sorogan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kitab Fikih Di MTs NU TBS Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya permasalahan dalam proses Metode Bandongan dan Sorogan, contoh di antaranya beberapa ada yang belum paham makna gandul dan pegon, di saat kyai atau guru sedang menerangkan ada yang tidak fokus terhadap bacaannya lalu bingung di saat ditanya oleh gurunya. Pada permasalahan di atas membuktikan bahwa pada dasarnya anak itu merasa kurang termotivasi lalu tidak fokus saat pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana metode Bandongan dan Sorogan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kitab Fikih Di MTs NU TBS Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di MTs NU TBS Kudus. Subjek penelitianya yaitu Kepala sekolah, grur pengampu pembelajaran Fikih dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Adapun analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu menggunakan tiga langkah diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode bandongan dan sorogan menjadi metode yang dipakai dalam pembelajaran yang menggunakan kitab-kitab Islam klasik sebagai sumber belajar di MTs TBS Kudus. Metode bandongan dan sorogan dinilai ketinggalan zaman dan kurang efektif, namun pada kenyataannya masih banyak guru yang menerapkan metode bandongan sebagai metode pembelajaran pada mata pelajaran fikih dengan kitab Kitab Qurrotu Al-‘Ain. (2) Perencanaan pembelajaran di MTs NU TBS Kudus dengan menerapkan metode bandongan dan sorogan terdiri dari pembuatan RPP atau silabus dan dilanjutkan dengan tahap. (3) Faktor pendukung dalam penerapan Metode Bandongan dan Sorogan Mata Pelajaran Fikih melalui Kitab Qurrotul A’in Di Madrasah Tsanawiyyah Tasywiqut Thullab Salafiyah (TBS) Nahdhatul Ulama Kudus yaitu, guru sudah mempunyai basic yang ideal dalam proses pembelajaran. Fasilitas yang diberikan oleh MTs NU TBS Kudus berupa kitab-kitab yang bisa dipelajari oleh siswa guna menunjang metode bandongan dan sorogan yang diterapkan oleh ustadz dalam pembelajaran fikih. Faktor penghambatnya yaitu, tidak semua siswa memahami bahasa kitab kuning dan ada beberapa siswa yang mengantuk ketika mengikuti pelajaran fikih. Lingkungan menjadi faktor penghambat untuk menerapkan metode bandongan dan sorogan yang ada di MTs NU TBS Kudus dimana teman menjadi subjek utama, terkadang teman mengajarkan hal yang buruk seperti mengajak untuk membolos bersama agar tidak mengikuti pembelajaran fikih. Adapun solusi dalam penerapan Metode Bandongan dan Sorogan Mata Pelajaran Fikih melalui Kitab Qurrotul A’in Di Madrasah Tsanawiyyah Tasywiqut Thullab Salafiyah (TBS) Nahdhatul Ulama Kudus yaitu, diadakannya pengelompokan antara siswa yang bisa memahami kitab kuning dan siswa yang kurang memahami kitab kuning agar bisa belajar bersama dan mempunyai suasana baru yang menyenangkan dalam menerapkan metode bandongan dan sorogan di MTs NU TBS Kudus. Siswa yang membolos akan mendapatkan peringatan bahkan hukuman jika tidak mengikuti pembelajaran dengan tertib dan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayat, AatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bandongan, Metode Sorogan, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:04
Last Modified: 15 Mar 2023 02:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9207

Actions (login required)

View Item View Item