Munawaroh, Siti (2017) PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGATASI KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI IMTIHAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TPQ AL-FALAH NGENING BATANGAN PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01 cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (377kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (393kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
07 BAB IV new.pdf Download (2MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf Download (2MB) |
Abstract
Seorang anak biasanya dia menginginkan keberhasilan karena rata-rata mengalami kecemasan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Penerapan Teknik Relaksasi Untuk Mengatasi Kecemasan Siswa di TPQ Al-Falah Ngening Batangan Pati. Tujuan penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui penerapan teknik relaksasi untuk mengatasi kecemasan siswa dalam menghadapi imtihan baca tulis al-qur’an di TPQ Al-Falah Ngening Batangan Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. 2). Untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat kecemasan siswa dalam menhadapi imtihan di TPQ Al-Falah Ngening Batangan Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan tringulasi sumber yaitu dari Kepala TPQ, ustad-ustadzah dan siswa siswi, sedangkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan tringulasi waktu diadakan pada sore hari. Hasil penelitian yang peneliti dapat yaitu 1). Kaitannya dengan penerapan teknik relaksasi untuk mengatasi kecemasan siswa dalam menghadapi imtihan. yakni teknik relaksasi ini dilakukan oleh guru untuk mengatasi kecemasann siswa dalam menghadapi imtihan di TPQ Al-Falah ada bermacam-macam yang dilakukan oleh guru yaitu dengan mewajibkan siswa ikut apel sebelum memasuki kelas, siswa diwajibkan berangkat lebih awal sebelum 5 menit sampai sekolah. Siswa diberi arahan-arahan agar siswa tidak merasa cemas ketika adanya tindakan menggunakan teknik relaksasi. Karena kecemasan juga mengakibatkan fatal dalam pembelajaran. (2). Adapun faktor pendukung dan penghambat bagi guru untuk mengatasi kecemasann siswa dalam menghadapi imtihan baca tulis al-qur’an di TPQ A-Falah Ngening Batangan Pati Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah sebagai berikut: a). Faktor pendukungnya yakni adanya bersholawat, menggunakan fasilitas yang ada di TPQ Al-Falah Ngening Batangan Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun faktor penghambatnya yakni terbatasnya jumlah guru, siswa sering asyik bermain dikelas disaat waktu pelajaran berlangsung, kurang memperhatikan guru ketika sedang mengajar, sehingga waktu disuruh mengulas kembali apa yang di terangkan tidak mengerti, dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Teknik Relaksasi; Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Imtihan |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Apr 2017 03:13 |
Last Modified: | 22 Apr 2017 03:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/924 |
Actions (login required)
View Item |