Analisis Kompetensi Profesional Pada Calon Guru IPS (Studi Kasus Pada Praktik Microteaching di Institut Agama Islam Negeri Kudus)

Septiarini, Laras (2022) Analisis Kompetensi Profesional Pada Calon Guru IPS (Studi Kasus Pada Praktik Microteaching di Institut Agama Islam Negeri Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (735kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (307kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (257kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (536kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kompetensi profesional yang dimiliki oleh calon guru IPS studi kasus pada pembelajaran praktik microteaching di Institut Agama Islam Negeri Kudus. Adapun pokok-pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Kompetensi profesional yang dimiliki oleh calon guru IPS pada pembelajaran praktik microteaching di IAIN Kudus. 2) Kendala-kendala yang dihadapi oleh calon guru IPS dalam mengembangkan kompetensi profesional pada pembelajaran praktik microteaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, sebuah pendekatan pengumpulan data yang berusaha menggali suatu fenomena tertentu dalam suatu waktu dan kegiatan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa praktikan prodi Tadris IPS di IAIN Kudus angkatan 2019. Data-data terkait hasil penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi, serta kuesioner. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data penelitian ini berhasil memperoleh dua temuan, yaitu: 1) Kompetensi profesional yang dimiliki oleh mahasiswa calon guru IPS pada pembelajaran praktik microteching di IAIN Kudus secara keseluruhan memiliki kriteria cukup baik. Hal ini disebabkan karena mahasiswa calon guru IPS belum sepenuhnya mampu menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran, SK dan KD mata pelajaran, pengembangan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, pemanfaatan TIK sebagai bentuk pengembangan diri. 2) Dalam mengembangkan kompetensi profesional terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh mahasiswa calon guru IPS pada pembelajaran praktik microteaching, antara lain: kesulitan dalam penyampaian materi pelajaran, kesulitan dalam memilih bahan ajar, kesulitan dalam memilih media pembelajaran, kesulitan dalam menentukan metode pembalajaran, kesulitan dalam pengembangan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, Rukhaini FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Microteaching
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:28
Last Modified: 30 Mar 2023 07:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9558

Actions (login required)

View Item View Item