Septiarini, Laras (2022) Analisis Kompetensi Profesional Pada Calon Guru IPS (Studi Kasus Pada Praktik Microteaching di Institut Agama Islam Negeri Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (735kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (237kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (307kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (257kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (536kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (153kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kompetensi profesional yang dimiliki oleh calon guru IPS studi kasus pada pembelajaran praktik microteaching di Institut Agama Islam Negeri Kudus. Adapun pokok-pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Kompetensi profesional yang dimiliki oleh calon guru IPS pada pembelajaran praktik microteaching di IAIN Kudus. 2) Kendala-kendala yang dihadapi oleh calon guru IPS dalam mengembangkan kompetensi profesional pada pembelajaran praktik microteaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, sebuah pendekatan pengumpulan data yang berusaha menggali suatu fenomena tertentu dalam suatu waktu dan kegiatan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa praktikan prodi Tadris IPS di IAIN Kudus angkatan 2019. Data-data terkait hasil penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi, serta kuesioner. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data penelitian ini berhasil memperoleh dua temuan, yaitu: 1) Kompetensi profesional yang dimiliki oleh mahasiswa calon guru IPS pada pembelajaran praktik microteching di IAIN Kudus secara keseluruhan memiliki kriteria cukup baik. Hal ini disebabkan karena mahasiswa calon guru IPS belum sepenuhnya mampu menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran, SK dan KD mata pelajaran, pengembangan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, pemanfaatan TIK sebagai bentuk pengembangan diri. 2) Dalam mengembangkan kompetensi profesional terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh mahasiswa calon guru IPS pada pembelajaran praktik microteaching, antara lain: kesulitan dalam penyampaian materi pelajaran, kesulitan dalam memilih bahan ajar, kesulitan dalam memilih media pembelajaran, kesulitan dalam menentukan metode pembalajaran, kesulitan dalam pengembangan materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Profesional, Microteaching | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2023 07:28 | ||||||
Last Modified: | 30 Mar 2023 07:28 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9558 |
Actions (login required)
View Item |