Abror, Moh. (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITAB NADZAM HIDAYATUS SYIBYAN (SYIFAUL JINAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AN-NUR AL-ISLAMY KAUMAN JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
file 1 = cover.pdf Download (7MB) |
|
Text
file 2 = ABSTRAKSI.pdf Download (2MB) |
|
Text
file 3 = Daftar Isi.pdf Download (4MB) |
|
Text
file 4 = bab 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
file 5 = bab 2.pdf Download (13MB) |
|
Text
file 6 = bab 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
file 7 = bab 4.pdf Download (660kB) |
|
Text
file 8 = bab 5.pdf Download (1MB) |
|
Text
file 9 = daftar pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam penulisan skripsi yang berjudul: Analisis pelaksanaan pembelajaran kitab Nadzam Hidayatus Syibyan (Syifaul Jinan) untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Kauman Jekulo Kudus tahun pelajaran 2016/2017ini, mengambil tiga pembahasan diantaranya: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Nadzam Hidayatus Syibyan (Syifaul Jinan)untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Kauman Jekulo Kudus?. 2) Bagaimana usaha pengurus dalam mengefektifkan santri belajar Al-Qur’anDi Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Kauman Jekulo Kudus?. 3)Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran kitab Nadzam Hidayatus Syibyan (Syifaul Jinan) untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Kauman Jekulo Kudus? Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode triangulasi. Analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing (verifikasi data). Hasil penelitian yang diperoleh adalah bentuk pelaksanaan pembelajaran kitab Nadzam Hidayatus Syibyan (Syifaul Jinan)Di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy terlihat dengan adanya proses pembelajaran yang efektif yang dilaksanakan oleh ustadz secara langsung, dan pembelajaran tersebut menggunakanberbagai metode yang relevan. Disamping itu, usaha pengurus dan ustadz dalam mengefektifkan santri belajar Al-Qur’an, dengan cara setoran tatap muka (Musyafahah) dan Qira’atiyang dilaksanakan setelah maghrib supaya bisa memanfaatkan waktu yang mustajab, selain itu juga memberi bimbingan belajar Makharijul Khurufyang berjalan pada malam selasa. Adapun faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran adalah santri mudah di atur, sarana prasarana yang cukup baik. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan tersebut santri membuat gaduh dalam pembelajaran, kadang juga ada santri yang melamun dan bermain sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bentuk Pembelajaran; Kitab Nadzam Hidayatus Syibyan(Syifaul Jinan);Kemampuan Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | 200 Agama Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 May 2017 02:38 |
Last Modified: | 11 May 2017 03:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/971 |
Actions (login required)
View Item |