Implementasi Pendidikan Karakter Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja) di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus Tahun 2021/2022

Febriliyani, Bunga Amanah (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja) di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (832kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (422kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (232kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (462kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui karakter siswa di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus, (2) untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter ahlussunah wal jama’ah (aswaja) di MA NU Ibtidaul Falah samirejo Dawe Kudus, (3) untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam implementasi pendidikan karakter ahlussunah wal jama’ah (aswaja) di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari wawancara dan data sekunder yang berasal dari buku, jurnal dan bahasan lain yang berkaitan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini (1) karakter siswa di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus, yaitu berupa karakter religius, karakter mandiri, karakter disiplin, karakter, karakter tanggung jawab, karakter kejujuran dan karakter santun yang kegiatannya berkaitan dengan aswaja sudah diterapkan dengan sangat baik kepada peserta didiknya. Hal itu, terlihat dari perilaku sikap peserta didik dalam pembiasaan setiap harinya, (2) implementasi pendidikan karakter ahlussunah wal jama’ah (aswaja) di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus, yaitu melalui kegiatan sehari-hari yang berupa kegiatan berdo’a, kegiatan membaca asmaul husna, penerapan adab yang baik, kegiatan menghafal surah yasin, kegiatan menghafal tahlil, kegiatan manaqib, membaca dan menghafal surat al-waqi’ah dan surat al-mulk, kegiatan beribadah dengan melakukan istighatsah dan kegiatan ziarah kubur sudah diterapkan dengan sangat baik kepada peserta didiknya. Hal itu, terlihat dari perilaku peserta didik yang selalu membiasakan penerapan pendidikan karakter aswaja, (3) faktor penghambat dan solusi dalam implementasi pendidikan karakter ahlussunah wal jama’ah (aswaja) di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Faktor penghambat yang berupa sarana dan prasarana, waktu yang terbatas, karakter siswa yang berbeda dan faktor lingkungan. Dan solusinya berupa melakukan pendampingan kepada siswa, melakukan kegiatan yang berbeda dan mengintegrasikan dan membangun visi misi madrasah kepada peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMujab, SaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Apr 2023 01:26
Last Modified: 27 Apr 2023 01:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9800

Actions (login required)

View Item View Item