Layanan bimbingan konseling islam individu dengan teknik shapping dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik SDN 1 KarangMalang Gebog Kudus

Hilmi, Hasib (2022) Layanan bimbingan konseling islam individu dengan teknik shapping dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik SDN 1 KarangMalang Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (736kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (282kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (542kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuan: 1. Peran bimbingan konseling terhadap siswa di SDN 1 KarangMalang Gebog Kudus. 2. Peranan yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 1 KarangMalang Gebog Kudus. 3. Hasil bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pendidikan agama Islam di SDN 1 KarangMalang Gebog Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi dan dukomentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Subyek penelitian adalah yang menjadi subjek dan sekaligus sumber informasi, adalah kepala sekolah SDN 1 KarangMalang Gebog Kudus, guru BK dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Peran bimbingan konseling di SDN 1 KarangMalang Gebog Kudus sebagai pendukung motivasi siswa sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hal yaitu tujuan mengadakan bimbingan konseling dan peran dalam melaksanakan bimbingan konseling. 2. Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 1 KarangMalang Gebog Kudus. Dalam meningkatkan motivasi belajar, diantaranya: (1) Menggunakan metode mengajar yang bervariasi. (2) Memberi nilai. (3) Minat. 3. Hasil bimbingan konseling dapat memotivasi siswa yang awalnya tidak semangat menjadi semangat belajar dan ikut ekstra kurikuler pada pendidikan agama Islam di SDN 1 KarangMalang Gebog Kudus. Diantaranya: (1) Pendukung motivasi belajar siswa. (2) Tujuan yang diakui. (3) Kemajuan. Walaupun dalam pelaksanaannya masih ada hambatan-hambatan, tetapi akhirnya bisa melakukan aktivitas itu dengan baik dan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhaeroni, FaridUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru BK, Meningkatkan motivasi belajar.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Apr 2023 02:39
Last Modified: 27 Apr 2023 02:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9817

Actions (login required)

View Item View Item