Analisis Pesan Dakwah Di Media Sosial Instagram @Hawaariyyun

Karimah, Ummi Wahdatul (2023) Analisis Pesan Dakwah Di Media Sosial Instagram @Hawaariyyun. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (340kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (351kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (597kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (409kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (419kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang cepat membuat sebuah media yang efektif untuk menunjang kegiatan dakwah. Dakwah menjadi mudah dilakukan melalui berbagai media, salah satunya adalah media sosial instagram. Dengan membuat video dakwah da’i dapat mengunggah di instagram sehingga pengguna instagram mudah mengaksesnya. Seperti halnya dakwah Hawaariyyun di instagramnya tentang nasihat yang baik untuk anak muda agar menjadi lebih mudah dalam menghadapi kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pesan dakwah yang disampaikan Hawaariyyun di media sosial instagram serta bagaimana respon penonton terhadap videonya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif . Subyek penelitian ini dilakukan pada akun instagram @hawaariyyun. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi berupa video dakwah yang diunggah hawaariyyun di instagram. Hasil dari penelitian ini adalah pertama pesan dakwah yang diunggah hawaariyyun terdapat tiga pesan dakwah yaitu akidah, akhlak dan syari’ah. Adapun pesan dakwah akidah yaitu kepercayaan hamba kepada Allah Swt, mempercayai kehidupan diakhirat. Adapun pesan dakwah akhlak yaitu akhlak kepada Allah Swt dan makhluknya, memberikan hak kepada yang berhak menerima. Sedangkan pesan dakwah syari’ah yaitu beramal dalam rangka menaati hukum yang sudah Allah Swt tetapkan. Kedua mengenai respon penonton video dakwah hawaariyyun di akun instagramnya dilihat komentar yang penonton berikan pada video dakwah hawaariyyun terdapat dua macam respon yaitu respon kognitif dan respon afektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZaini, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, Media Sosial Instagram Hawaariyyun
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 May 2023 01:53
Last Modified: 03 May 2023 01:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9882

Actions (login required)

View Item View Item