Aini, Anni Qurrotul (2023) Penerapan Media Bingo Berbasis Local Wisdom Dalam Melatih Penguasaan Kosakata Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI NU Bahrul Ulum Ngembal Kulon Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (202kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (522kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (819kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (507kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (605kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (374kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan media bingo berbasis local wisdom untuk melatih penguasaan kosakata peserta didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI NU Bahrul Ulum Ngembal Kulon Jati Kudus, 2) Keberhasilan penggunaan media Bingo berbasis local wisdom dalam melatih penguasaan kosakata mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI NU Bahrul Ulum Ngembal Kulon Jati Kudus, 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan media bingo berbasis local wisdom dalam melatih penguasaan kosakata mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI NU Bahrul Ulum Ngembal Kulon Jati Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reserch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara kepada kepala sekolah, guru kelas III, dan siswa kelas III serta melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, penerapan media bingo berbasis local wisdom yaitu guru mempersiapkan perencanaan pembelajaran, menjelaskan materi budaya lokal dengan metode tanya jawab, dilanjutkan penggunaan media Bingo yang sudah dijelaskan prosedur penggunaannya oleh guru. Media tersebut dapat meningkatkan minat belajar dan menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran. Diakhiri dengan mengerjakan soal essay sebagai evaluasi pembelajaran. Kedua, keberhasilan dari penerapan media bingo berbasis local wisdom meliputi aspek kognitif yang ditunjukkan dengan hasil belajar memenuhi KKM. Aspek afektif ditunjukkan dengan kemauan siswa dalam merespon dan menanggapi materi. Aspek psikomotorik ditunjukkan dengan kemampuan siswa dalam menyampaikan jawaban berupa pembuatan kalimat dan bercerita berdasarkan kosakata baru secara lisan di depan kelas. Ketiga, faktor pendukung dari pembelajaran tersebut meliputi keuletan guru dalam manajemen kelas, antusias dan partisipasi aktif siswa. Akan tetapi, beberapa siswa masih merasa kesulitan dalam menyampaikan ceritanya di depan kelas menjadi faktor penghambat pada pembelajaran ini sehingga memerlukan bimbingan dari guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Bingo, Local Wisdom, Kosakata. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 11 May 2023 07:04 | ||||||
Last Modified: | 11 May 2023 07:04 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9949 |
Actions (login required)
View Item |