Musoffa, Silfiyani (2023) Efektivitas Metode Tasmi’ untuk Menjaga Hafalan pada Program Tahfidz Al-qur’an di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (521kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (547kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (734kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (521kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (949kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (547kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (734kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (949kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (593kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (672kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (354kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa menghafal Al-qur’an diperlukannya target dalam menjaga hafalan dan perhatian khusus terhadap siswa yang masuk ke dalam program tahfidz, yang di dalamnya membutuhkan pendampingan guru yang memiliki kompetensi dan metode yang tepat dalam menjaga hafalan siswa. Oleh Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode tasmi’ pada program tahfidz Al-qur’an di MA NU Al-Hidayah, hasil menjaga hafalan pada program tahfidz Al-qur’an, dan mengetahui efektivitas pelaksanaan metode tasmi’ untuk menjaga hafalan pada program tahfidz Al-qur’an di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling. Adapun data yang dikumpulkan melalui beberap teknik yaitu observasi, wawancara dengan kepala sekolah dan ketua program tahfidz, angket yang dibagikan kepada 75 responden, dan dokumentasi. Selanjutnya tahapan pengolahan data disajikan dalam bentuk statistik deskriptif dan tahapan analisis data dilaksanakan dengan uji t melalui bantuan program aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan metode tasmi’ pada program tahfidz di MA NU Al-Hidayah dapat dikatan baik dengan dibuktikannya perolehan data rata-rata bernilai 52.66 yang termasuk ke dalam kategori baik dengan interval 52-56. Hasil penelitian ini juga didukung dengan hasil menjaga hafalan di MA NU Al-Hidayah juga dikatakan baik dengan dibuktikannya rata-rata bernilai 53.2 yang menunjukkan termasuk kategori baik dengan interval 49-54. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai signifikansi 0.000. Hasil tersebut menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0.05. Dengan nilai thitung yang lebih besar daripada ttabel (58.626>1.666). Dengan demikian H1 diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan metode tasmi’ untuk menjaga hafalan pada program tahfidz Al-qur’an di MA NU Al-Hidayah. Oleh karena itu metode tasmi’ efektif untuk menjaga hafalan pada program tahfidz Al-qur’an di MA NU Al-Hidayah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Tasmi’, Menjaga Hafalan, dan Program Tahfidz Al-qur’an. | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 May 2023 02:22 | ||||||
Last Modified: | 15 May 2023 02:22 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9969 |
Actions (login required)
View Item |