Maula, Anis Hikmatul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Biologi Pada Materi Ekosistem Kelas X MAN 2 Semarang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
|
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (361kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (391kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (632kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (559kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (894kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (206kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan pengembangan bahan ajar berupa media pembelajaran yang nantinya akan digunakan pada pembelajaran biologi di SMA/MA materi ekosistem. Media pembelajaran juga dapat digunakan sebagai alat untuk menarik minat serta dapat mengatasi rasa bosan pada peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis articulate storyline pada pembelajaran biologi materi ekosistem. (2) Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis articulate storyline terhadap keefektifan pembelajaran biologi materi ekosistem. Metode yang digunakan Research and Development dengan model dari Borg and Gall dengan tahapan: (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) perbaikan produk, (6) uji coba produk (uji coba kepraktisan), (7). uji coba pemakaian (uji keefektifan). Berdasarkan media yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh 2 ahli media dan 1 ahli materi. Uji coba media diterapkan di MAN 2 Semarang dengan subyek 1 pendidik biologi dan 15 peserta didik. Uji coba pemakaian (uji keefektifan) dilakukan pada dua kelas yaitu kelas X Mia 1 dan kelas X Mia 2, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, teknik pengambilan data dengan wawancara dan tes, serta teknik analisis data dengan uji independent t test kemudian dilanjutkan dengan perhitungan N Gain. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Media pembelajaran articulate storyline dinyatakan valid dengan presentase rata-rata ahli media sebesar 89,15% dan ahli materi sebesar 82,5%. Media juga dikatakan praktis berdasarkan penilaian angket oleh pendidik dan peserta didik dengan hasil presentase rata-rata 93,18% dari pendidik dan 81,43% dari peserta didik. Keefektifan media pembelajaran juga didukung dengan hasil posttest peserta didik yang diuji dengan uji independent t test menunjukkan hasil nilai Sig. (2-tailed) 0.000 ˂ 0.05, hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kontrol. Hal tersebut berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media interaktif articulate storyline terhadap keefektifan pembelajaran biologi. Selanjutnya, peningkatan keefektifan pembelajaran biologi dihitung menggunakan uji N Gain diperoleh nilai 74,16 yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil tersebut, maka diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran articulate storyline dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran biologi materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Penggunaan Media, Articulate Storyline, Hasil Posttest Peserta Didik | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 May 2023 07:48 | ||||||
Last Modified: | 15 May 2023 07:48 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9991 |
Actions (login required)
View Item |