Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di MA Tarbiyatul Banin Pati

Wahaab, Muhammad Abdul (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di MA Tarbiyatul Banin Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Sekolah-sekolah yang ada di Indonesia sampai saat ini masih memberikan penekanan pada proses berpikir tingkat dasar dimana kemampuan berpikir kritis mendapatkan porsi yang sangat sedikit. Keadaan ini merupakan fenomena yang mesti diatasi dimana salah satu cara dalam mengatasinya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual dalam pelaksanaan pembelajarannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) proses pembelajaran siswa kelas XI IPA MA Tarbiyatul Banin Pati pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan menggunakan media pembelajaran audio visual. 2) kemampuan berpikir kritis siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. 3) pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI IPA MA Tarbiyatul Banin Pati. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental yang dijalankan kepada siswa di MA Tarbiyatul Banin kelas XI. Teknik sampling yang digunakan yaitu dengan cluster random sampling yang dijalankan kepada 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data didapatkan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan media audiovisual dan kelas kontrol menggunakan power point yang dijalankan dalam dua kali pertemuan dan mendapatkan respon yang baik dari siswa. 2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dari hasil post test yaitu didapatkan rata-rata nilai 8,00 di kelas eksperimen dan rata-rata nilai 7,40 di kelas kontrol. 3) terdapat pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di MA Tarbiyatul Banin Pati yang dibuktikan dengan nilai signifikansinya yaitu 0,04 lebih kecil dari taraf signifikansinya yaitu 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMelisa, Atika OktaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Berpikir Kritis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2023 06:29
Last Modified: 17 May 2023 06:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10004

Actions (login required)

View Item View Item