Pengaruh Rendahnya Pemahaman Kognitif terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Mi Nu Hidayatul Mubtadiin Undaan Kidul Undaan Kudus

Safitri, Alvina (2023) Pengaruh Rendahnya Pemahaman Kognitif terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Mi Nu Hidayatul Mubtadiin Undaan Kidul Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (467kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (414kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (324kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman kognitif siswa pada pembelajaran matematika, untuk mengetahui Bagaimana proses pembelajaran matematika, untuk mengetahui Bagaimana hasil pemahaman kognitif siswa terhadap prestasi belajar pada pembelajaran matematika kelas V di MI NU Hidayatul Mubtadiin, dan untuk mengetahui apa saja penyebab rendahnya pemahaman kognitif siswa terhadap prestasi belajar siswa selama ini. Penelitian ini merupakan kategori kuantitatif, yang memfokuskan pada bagaiamana pemahaman kognitif siswa kelas V dan berpopulasi 23 orang siswa kelas VA. Jenis penelitian ini termasuk pre eksperimental desaign dengan desain penelitian one-group pretest-postest research desaign yaitu dengan meneliti hanya satu kelas yang akan diberikan pretest dan posttest. Instrument penelitian menggunakan soal, observasi sebagai pelengkap, dan wawancara pra penelitian. Analisis data yang digunakan adalah Uji-T berpasangan (paired sampel T-test) dengan bantuan SPSS versi 20.00 dan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian ini menunjukan : 1) Terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil belajar siswa dengan memberikan instrument soal sebelum (pretestI) dan sesudah (Postest) diberikan perlakukan atau pembelajaran yang dapat dilihat dari perbedaan rata-rata nilai prestest 48.17 dan postest 82.08. 2) Proses kegiatan pembelajaran yang disampaikan oleh guru yang berpengaruh terhadap pemahaman kognitif siswa, mulai dari mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), metode pembelajaran, materi yang disampaikan sampai dengan penutup pembelajaran. 3) Dari hasil uji hipotesis juga menunjukan bahwa secara parsial nilai thitung sebesar 167.772 > 0,4438 dengan tingkat sugnifikan 0.000 < 0,05 maka hipotesis diterima. Artinya menujukkan adanya perbedaan sebelum dilakukanya penelitian (Pretest) dan sesudah penelitian (Posttest) serta terdapat pengaruh yang signifikan antara rendahnya pemahaman kognitif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di Mi Nu Hidayatul Mubtadiin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMundakir, MundakirUNSPECIFIED
Thesis advisorHerwani, SuciUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Rendahnya Pemahaman Kognitif, Prestasi Belajar, Matematika.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 May 2023 06:09
Last Modified: 30 May 2023 06:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10113

Actions (login required)

View Item View Item