Penerapan Model Kooperatif Tipe Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas 4 Pada Mata Pelajaran IPS Di MI Muhammadiyah Jati Kulon Kudus

Vebriyani, Vinka (2023) Penerapan Model Kooperatif Tipe Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas 4 Pada Mata Pelajaran IPS Di MI Muhammadiyah Jati Kulon Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (479kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (567kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1.) Penerapan Model Kooperatif Tipe Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 Di MI Muhammadiyah Jati Kulon Kudus, 2.) Peningkatan Kreativitas Berpikir Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS kelas 4 di MI Muhammadiyah Jati Kulon Kudus. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pedekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji creadibility ( validitas internal), transferability ( validitas eksternal), dependability (reliabilitas) dan confirmability ( obyektivitas). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa : 1.) Penerapan Model Kooperatif Tipe Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 Di MI Muhammadiyah Jati Kulon Kudus, langkah-langkah penerapannya dimulai dari guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, kemudian guru mencontohkan cara membuat mind mapping (peta pikiran) yang baik, setelah itu siswa membuat mind mapping (peta pikiran) sesuai dengan materi yang diberikan oleh guru pada tiap kelompoknya. 2.) Peningkatan Kreativitas Berpikir Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS kelas 4 di MI Muhammadiyah Jati Kulon Kudus. Dengan diterapkannya Model Kooperatif tipe Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas berfikir siswa dalam belajar IPS hal teresebut dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu kefasihan, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi yang menunjukkan adanya peningkatan kreativitas berfikir siswa, walaupun belum sepenuhnya mengalami peningkatan yang sangat signifikan, Akan tetapi sudah terlihat melalui penilaian kreativitas siswa dari hasil pengamatan dan hasil wawancara dengan guru mapel IPS . Selain itu pengembangan kreativitas siswa dapat dilihat dari aspek psikomotoriknya seperti siswa mampu mengembangkan keterampilannya dalam membuat karya yang produktif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulthon, SulthonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif tipe Mind Mapping, Kreativitas, IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:19
Last Modified: 16 Jun 2023 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10289

Actions (login required)

View Item View Item