Ni’mah, Laila Sittatun (2023) Peran Leadership Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (323kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (271kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (487kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (495kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (439kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (476kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (283kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peran leadership kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. (2) Mendeskripsikan faktor penghambat pada leadership kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung pada leadership kepala madrasah di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dimana prosedur pemecahan masalah diselidiki dengan subjek penelitian pada peristiwa sekarang yang terjadi berdasarkan fakta-fakta yang ada. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran leadership kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu kepala madrasah menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, dengan melakukan pendekatan normatif atau memberikan motivasi guru untuk selalu bekerja sesuai dengan tugasnya, memiliki kontribusi yang nyata dalam menciptakan suasana yang kondusif di lingkungan kerjanya, kepala madrasah berperan sebagai EMASLIM (educator, manager, supervisor, leader, innovator, motivator). 2) Faktor penghambat pada leadership kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah sebagian guru kurang disiplin dalam pekerjaan maupun waktu, adanya guru yang minder dan tidak percaya diri dalam mengutarakan pendapat, terdapat guru memiliki kesibukan selain mengajar, persoalan gaji, secara tidak langsung menghambat pencapaian tujuan pendidikan. 3) Faktor pendukung pada leadership kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu para guru mengetahui tugasnya, kondisi lingkungan kerja yang nyaman, sarana dan prasarana yang cukup memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Leadership, Kepala Madrasah, Kinerja Guru | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2023 02:26 | ||||||
Last Modified: | 16 Jun 2023 02:26 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10291 |
Actions (login required)
View Item |