Studi Analisis Strategi Pemasaran UMKM Sektor Kuliner Untuk Mencapai Keuntungan Pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekitar Kampus Universitas Muria Kudus Menurut Etika dan Perilaku Bisnis Islam

Zahra, Aini Shimaratu (2023) Studi Analisis Strategi Pemasaran UMKM Sektor Kuliner Untuk Mencapai Keuntungan Pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekitar Kampus Universitas Muria Kudus Menurut Etika dan Perilaku Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (367kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM sektor kuliner untuk mencapai kentungan pada masa pandemi Covid 19 disekitar kampus Universitas Muria Kudus. Untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM sektor kuliner untuk mencapai kentungan pada masa pandemi Covid 19 disekitar kampus Universitas Muria Kudus menurut Etika dan Perilaku Bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber informan dalam penelitian ini adalah pemilik, karyawan dan konsumen UMKM sektor kuliner disekitar kampus Universitas Muria Kudus. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran UMKM disekitar kampus Universitas Muria Kudus secara umum terdiri dari empat strategi yaitu strategi produk, strategi harga, strategi promosi dan strategi lokasi. Secara keseluruhan strategi pemasaran tersebut bertujuan untuk meningkatkan keuntungan penjualan pada masing-masing usaha. Cara mendapat keuntungan pada masa covid pada beberapa tahun lalu memberi dampak dan pengaruh pada UMKM disekitar kampus Universitas Muria Kudus sehingga harus dilakukan pemberhentian karyawan sebagai cara agar usaha pada masing-masing warung dapat tetap untung dan bertahan di era pandemi. strategi pemasaran dalam mendapatkan keuntungan sudah sesuai dengan perilaku etika bisnis islam. Bahwa sebagai umat yang berlandaskan pada keyakinan islam, bahwa pemilik sebagai umat diwajibkan untuk menjalankan usaha sesuai dengan kaidah Islam. Sikap dan perilaku bisnis dalam Islam yang melandasi strategi pemasaran UMKM sektor kuliner disekitar kampus Universitas Muria Kudus. meliputi kepribadian spiritual (taqwa), tanggung jawab (responsibility), Berlaku adil (al-adl), bersikap melayani dan rendah hati (khidmah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorShobirin, ShobirinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Etika dan Perilaku Bianis Islam.
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:10
Last Modified: 04 Jul 2023 02:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10437

Actions (login required)

View Item View Item