Pengaruh Pembelajaran Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Berpikir Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MI Darul Falah Sirahan Kelas V

Yunita, Annisa Dwi (2023) Pengaruh Pembelajaran Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Berpikir Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MI Darul Falah Sirahan Kelas V. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (657kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (528kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (653kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (599kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (772kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (365kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (413kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan “Pengaruh Pembelajaran Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Berpikir Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MI Darul Falah Sirahan Kelas V” (2) Untuk mengetahui Kemampuan Berpikir Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Darul Falah Sirahan Kab Pati (3) Untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Metode Pembelajaran Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Berpikir Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Darul Falah Sirahan Kab Pati. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Metode Pembelajaran Think Pair And Share Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Darul Falah Sirahan Kab Pati tahun pelajaran 2022/2023 termasuk dalam kategori baik, hal itu dapat dilihat dari hasil analisa menunjukan nilai rata-rata (mean) dari metode pembelajaran think pair and share sebesar 85,3 yang masuk dalam interval 75-86, artinya pelaksanaan Metode Pembelajaran Think Pair and Share Pada Mata Pelajaran fiqih di MI Darul Falah Sirahan Kab Pati tahun pelajaran 2022/2023 terlaksana dengan efektif. (2) Kemampuan Berpikir Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Darul Falah Sirahan Kab Pati tahun pelajaran 2022/2023 termasuk dalam kategori baik, hal itu dapat dilihat dari hasil analisa menunjukan nilai rata-rata (mean) dari kemamuan berpikir peserta didik sebesar 86,33 yang masuk dalam interval 84-95. Jadi, semakin baik Kemampuan Berikir Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih, maka semakin mudah pula bagi siswa untuk memahami materi yang diajarkan. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran think pair and share terhadap Kemampuan Berpikir Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Darul Falah Sirahan Kab Pati tahun pelajaran 2022/2023. Ini terbukti dari hasil analisis regresi yang diketahui bahwa pada taraf signifikan 5% terdapat rtabel adalah = 0,361 sedangkan ro = 0,721 yang berarti ro lebih besar dari rt (ro > rt) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun hasil nilai korelasi antara metode pembelajaran think pair and share terhadap Kemampuan Berpikir Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Al-Mu’min tahun pelajaran 2022/2023 sebesar 0,721. Hal ini berarti korelasi antar kedua variabel tergolong dalam kategori sangat kuat, karena masuk pada rentang interval (0,70 – 0,90). Sedangkan nilai hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 48.0195%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode think pair and share, kemampuan berpikir
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:37
Last Modified: 05 Jul 2023 02:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10461

Actions (login required)

View Item View Item