Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Pada Pembelajaran Quran Hadis Siswa Kelas XI MA NU Lasem

Malisa, Nila Harirotul (2023) Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Pada Pembelajaran Quran Hadis Siswa Kelas XI MA NU Lasem. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (404kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (504kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (634kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (593kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (365kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penerapan metode drill pada pembelajaran Quran Hadis yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang penerapan metode drill pada pembelajaran Quran Hadis mulai dari proses pelaksanaan, hasil dari penerapan metode drill, serta faktor pendukung, faktor penghambat, dan solusi untuk siswa kelas XI dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada pembelajaran Quran Hadis di MA NU Lasem. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini menggambarkan keadaan sebenarnya terkait penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada pembelajaran Quran Hadis siswa kelas XI MA NU Lasem. Adapun dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada pembelajaran Quran Hadis siswa kelas XI MA NU Lasem dilakukan dengan tiga kegiatan utama, yaitu: pertama, kegiatan awal. Kedua, kegiatan inti yang berisi 5 langkah pembelajaran Quran Hadis dengan metode drill. Ketiga, kegiatan penutup. (2) Hasil dari penerapan metode drill dalam pembelajaran Quran Hadis siswa kelas XI MA NU Lasem terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa. Sebanyak 10 dari 15 siswa sudah dapat membaca Alquran dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid, tartil, serta makharijul hurufnya. Sementara 5 orang siswa masih melanjutkan penerapan metode drill pada pembelajarn Quran Hadis karena kemampuan yang dimiliki setiap siswa berbeda-beda. (3) Faktor pendukung dalam penerapan metode drill pada pembelajaran Quran Hadis siswa kelas XI MA NU Lasem meliputi: niat tulus siswa dalam mengikuti pembelajaran, pendidik yang berkompeten, dan adanya ekstrakulikuler tilawah dan tartil. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan metode drill pada pembelajaran Quran Hadis siswa kelas XI MA NU Lasem meliputi: rasa malas dan bosan dalam diri siswa, kurangnya dukungan dan motivasi dari orang tua dan lingkungan sekitar, alokasi waktu yang terbatas, serta kemampuan siswa yang berbeda-beda. Solusinya yaitu memanfaatkan alokasi waktu yang disediakan dengan baik, memotivasi siswa di sela-sela kegiatan pembelajaran, serta mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tilawah dan tartil bagi siswa yang kesulitan membaca Alquran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Meningkatkan Kemampuan, Pembelajaran Quran Hadis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:32
Last Modified: 11 Jul 2023 01:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10499

Actions (login required)

View Item View Item