Analisis Manajemen Pengelolaan Pasar Tradisional Guna Meningkatkan Kesejahteraan Pedagang Kecil Dalam Pasar (Studi Kasus Di Pasar Rakyat Keling Kabupaten Jepara)

sa’diyyah, Imronatus (2022) Analisis Manajemen Pengelolaan Pasar Tradisional Guna Meningkatkan Kesejahteraan Pedagang Kecil Dalam Pasar (Studi Kasus Di Pasar Rakyat Keling Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (329kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (676kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (424kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (361kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis manajemen pengelolaan di Pasar Tradisional Rakyat Keling Kabupaten Jepara guna meningkatkankesejahteraan pedagang dalam Pasar. Penelitian ini fokus pada penerapan manajemen pengelolaan pasar tradisional di pasar rakyat Keling mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pengelola serta Pedagang di Pasar rakyat Keling Jepara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Manajemen pengelolaan di Pasar Tradisional Rakyat Keling sudah berjalan dengan baik. Perencanaan meliputi perencanaan fisik maupun perencanaan non fisik pasar. Hal-hal yang direncanakan seperti menetapkan tarif retribusi, mengadakan perawatan rutin untuk sarana dan prasarana pasar, menyusun program edukasi bagi pedagang, serta merubah pasar rakyat agar sebanding dengan pasar modern. Pelaksanaan pengelolaannya dilaksanakan oleh pihak pengelola pasar bersama mitra kerja yaitu paguyuban. Selanjutnya dalam pengawasannya diawasi secara langsung oleh kepala pasar dengan pengawasan partisipatif. Faktor pendukung dalam pengelolaanya adalah memberikan motivasi kepada pedagang untuk selalu menjaga kebersihan dan etika berdagang, memberikan arahan-arahan positif, melakukan rapat dengan paguyuban pasar secara rutin, dan mendatangkan hiburan di halaman pasar untuk menarik minat konsumen. Sedangkan penghambatnya adalah lokasi pasar lain yang berdekatan, pedagang masih sadar dengan kebersihan terutama masalah sampah, ada beberapa jenis barang dagangan yang kurang laku terjual, dan ada beberapa komplain di media sosial tentang buruknya pelayanan oleh sebagian pedagang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, JaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengelolaan, Pasar Tradisional, Kesejahteraan Pedagang
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Syariah > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:15
Last Modified: 14 Jul 2023 03:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10553

Actions (login required)

View Item View Item