sa’diyyah, Imronatus (2022) Analisis Manajemen Pengelolaan Pasar Tradisional Guna Meningkatkan Kesejahteraan Pedagang Kecil Dalam Pasar (Studi Kasus Di Pasar Rakyat Keling Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (329kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (271kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (384kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (676kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (330kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (424kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (268kB) |
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (361kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis manajemen pengelolaan di Pasar Tradisional Rakyat Keling Kabupaten Jepara guna meningkatkankesejahteraan pedagang dalam Pasar. Penelitian ini fokus pada penerapan manajemen pengelolaan pasar tradisional di pasar rakyat Keling mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pengelola serta Pedagang di Pasar rakyat Keling Jepara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Manajemen pengelolaan di Pasar Tradisional Rakyat Keling sudah berjalan dengan baik. Perencanaan meliputi perencanaan fisik maupun perencanaan non fisik pasar. Hal-hal yang direncanakan seperti menetapkan tarif retribusi, mengadakan perawatan rutin untuk sarana dan prasarana pasar, menyusun program edukasi bagi pedagang, serta merubah pasar rakyat agar sebanding dengan pasar modern. Pelaksanaan pengelolaannya dilaksanakan oleh pihak pengelola pasar bersama mitra kerja yaitu paguyuban. Selanjutnya dalam pengawasannya diawasi secara langsung oleh kepala pasar dengan pengawasan partisipatif. Faktor pendukung dalam pengelolaanya adalah memberikan motivasi kepada pedagang untuk selalu menjaga kebersihan dan etika berdagang, memberikan arahan-arahan positif, melakukan rapat dengan paguyuban pasar secara rutin, dan mendatangkan hiburan di halaman pasar untuk menarik minat konsumen. Sedangkan penghambatnya adalah lokasi pasar lain yang berdekatan, pedagang masih sadar dengan kebersihan terutama masalah sampah, ada beberapa jenis barang dagangan yang kurang laku terjual, dan ada beberapa komplain di media sosial tentang buruknya pelayanan oleh sebagian pedagang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pengelolaan, Pasar Tradisional, Kesejahteraan Pedagang | ||||||
Subjects: | 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen Bisnis > Manajemen |
||||||
Divisions: | Fakultas Syariah > Manajemen Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:15 | ||||||
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:15 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10553 |
Actions (login required)
View Item |