Strategi Pemberdayaan Masyarakat Islam Melalui Ekonomi Kreatif Pembuatan Batik dengan Teknik Ecoprint: Studi Kasus Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus

Silviana, Ika Larasati (2023) Strategi Pemberdayaan Masyarakat Islam Melalui Ekonomi Kreatif Pembuatan Batik dengan Teknik Ecoprint: Studi Kasus Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (368kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (550kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (807kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (405kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (356kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait strategi pemberdayaan masyarakat Islam melalui ekonomi kreatif pembuatan batik dengan teknik ecoprint di Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus diantaranya: (1) Strategi pemberdayaan masyarakat Islam melalui ekonomi kreatif pembuatan batik dengan teknik ecoprint di Desa Golantepus (2) Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam strategi pemberdayaan masyarakat Islam melalui ekonomi kreatif pembuatan batik teknik ecoprint di Desa Golantepus (3) Dampak pembuatan batik dengan teknik ecoprint dalam pemberdayaan masyarakat Islam di Desa Golantepus. Penelitian yang peneliti lakukan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi, dengan cara menggali informasi dari beberapa narasumber yang memiliki keterkaitan dalam penelitian yang diteliti diantaranya: kepala Desa Golantepus, ketua pengelola pembuatan batik teknik ecoprint, kelompok PKK, narasumber pelatihan ecoprint, serta masyarakat yang memiliki kontribusi dalam program pembuatan batik teknik ecoprint. Selanjutnya dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan menunjukan bahwa ada beberapa strategi yang dilakukan dalam pemberdayaan masyarakat Islam melalui ekonomi kreatif pembuatan batik teknik ecoprint di Desa Golantepus diantaranya: pencarian sumber daya manusia, pemberian motivasi, pelatihan pembuatan batik teknik ecoprint, pembentukan manajemen kepengurusan, pengajuan modal pada BUMDes, serta pembentukan jaringan kemitraan. Penerapan program pemberdayaan yang dilakukan tentunya terdapat faktor pendukung di dalamnya salah satunya yaitu media pembuatan batik teknik ecoprint yang ramah lingkungan. Serta adapun faktor penghambat dari program ini salah satunya yaitu dana produksi yang masih mengandalkan dari iuran anggota. Adapula dampak pembuatan batik dengan teknik ecoprint dalam pemberdayaan masyarakat Islam di Desa Golantepus diantaranya: pada bidang ekonomi menciptakan terbukanya peluang usaha, pada bidang sosial terjalin hubungan baik antar masyarakat Desa Golantepus, sedangkan pada bidang budaya sebagai bentuk pelestarian budaya Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBastomi, HasanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi Kreatif, Batik Teknik Ecoprint
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:38
Last Modified: 17 Jul 2023 01:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10567

Actions (login required)

View Item View Item