Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Manajemen Supervisi Akademik Kepala Madrasah Studi Kasus di MA Al Ikhlas Tlogowungu Pati (Tahun Pelajaran dua ribu dua puluh-dua ribu dua satu)

Syofii, Moh (2023) Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Manajemen Supervisi Akademik Kepala Madrasah Studi Kasus di MA Al Ikhlas Tlogowungu Pati (Tahun Pelajaran dua ribu dua puluh-dua ribu dua satu). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (839kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (914kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (i) meningkatkan kemampuan pedagogik guru melalui pengelolaan supervisi akademik kepala Madrasah MA Al Ikhlas Tlogowungu Pati tahun pelajaran dua ribu dua puluh-dua ribu dua satu; (ii) menyelidiki bahan dan metode yang mendukung dan menghambat peningkatan kemampuan pedagogik guru; dan (iii) mengevaluasi perubahan peningkatan kemampuan pedagogik guru melalui manajemen supervisi akademik kepala Madrasah di MA Al Ikhlas. Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kualitatif. Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, dan guru menjadi informan kajian. Dengan menggunakan observasi yang diperpanjang, member check, dan triangulasi, data penelitian diperiksa keabsahan datanya. Model interaktif kemudian digunakan untuk menganalisis data, dan analisis selesai. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) manajemen supervisi akademik kepala madrasah telah dilaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen perencanaan, penggerakan, pengorganisasian, dan pengendalian; dan (2) kompetensi pedagogik para guru di MA Al Ikhlas Tlogowungu sangat bervariasi, ada yang baik dan ada yang kurang. (2) Materi supervisi peningkatan pedagogik meliputi aspek fisik, aspek moral, aspek spiritual, aspek budaya, aspek emosional, dan aspek intelektual, penguasaan teori dan prinsip pembelajaran, pengembangan kurikulum, dan menjadikan pembelajaran menyenangkan, aktif, dan kreatif. Upaya perbaikan titik terus dilakukan melalui manajemen supervisi akademik, namun pelaksanaan fungsi manajemen akademik belum terdokumentasi dengan baik. Pendekatannya adalah sistem daring atau daring yang memungkinkan terjadinya diskusi interaktif, sharing, atau pembelajaran bersama. Pengawas juga memanfaatkan sumber daya yang tersedia di forum MGMP, KKG, dan IHT. Untuk memenuhi tuntutan peningkatan kompetensi pedagogik guru, Kepala Madrasah memanfaatkan sumber daya yang telah tersedia, antara lain guru ahli IT, guru IPA, dan Supervisor. (3) Pengendalian supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan pedagogik guru di Madrasah Al Ikhlas Tlogowungu Pati tahun ajaran dua ribu dua puluh-dua ribu dua satu.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorNofiaturrahmah, FifiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, supervisi akademik dan kompetensi pedagogik.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:45
Last Modified: 18 Jul 2023 06:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10598

Actions (login required)

View Item View Item