Implementasi Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Haji dan Umroh di Al-Fairus Tours

Nisa, Nafisatun (2023) Implementasi Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Haji dan Umroh di Al-Fairus Tours. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (557kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (433kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (678kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (415kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (421kB)

Abstract

Penelitian ini adalah studi analisis untuk menerapkan fungsi manajemen dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji dan umroh di Al-Fairus Tours yang sesuai dengan (SOP) Standar Operating Procedure, penerapan fungsi manajemen yang baik menjadi salah satu daya tarik jamaah untuk bisa bergabung di Al-Fairus Tours sehingga peningkatan jamaah signifikan di setiap tahunnya. Fokus dalam penelitian ini ialah 1) fungsi manajemen dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji dan umroh di Al-Fairus Tours 2) faktor pendukung dan penghambat fungsi manajemen dalam meningkattkan kualitas pelayanan haji dan umroh di Al-Fairus Tours.penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan diskriptif. Teknik pengumpuulan data di lakkukan dengan 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan 1) reduksi data, 2) display data, 3) analisis perbandingaan, 4)penarikan kesimpulan. Pengujian kabsahan data di lakuukan dengan 1)perpanjangan pengamataan, 2) ketekunan pengamataan, 3) menggunakan bahan refrensi. Peneliti memperoleeh data wawancara dengan pimpinan Al-Fairus Tours, karyawan Al-Fairus Tours, pembimbing Al-Fairus Tours, jamaah Al-Fairus Tours dan alumni Al-Fairus Tours. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fungsi manajamen pelayanan haji dan umroh dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Al-fairus Tours berjalan dengan baik terbukti dengan memiiliki program layanan kerja seperti: 1) KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Reguler), 2) badal haji dan badal umroh, 3) tabungan cicilan umroh, 4) paket umroh group, 5) paket wisata domestic selain layanaan kerja Al-Fairus juga memiliki program kegiatan seperti: 1) program pra umroh / persiapan umroh, 2) program saat umroh, 3) program pasca umroh. adapun dalam penerapan fungsi manajemen terdapaat beberapa faktor pendukung yaitu, 1) Al-Fairus Tours memiliki SDM yang cukup dengan kinerja secara team dan sesuaai dengan (SOP) Standard Operating Procedure, 2) memiliki pembimbbing yang profesionaal, berpengalaman, dan tokoh ulama di pekalongan, 3) memiliki sarana dan prasarana yang mendukung, 4) memiliki komunikasi yang baik anatara karyawan dan jamaah, 5) materi pembimbingan manasik yang mudah di pahami jamaah. Selain faktor pendukung terdapaat juga faktor penghambat yaitu, 1) berkas jaamah yang kurang lengkap, 2) jamaah yang lanjut usia susah untuk di ajak berkomunikasi, 3) terjadi perubahan jadwal pesawat/ delay pesawat, 4) kendala dalam pemesanan tiket pesawat dan tiket hotel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZaman, Wahyu KhairuzUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fungsi Manajemen, Kualitas Pelayanan Haji dan Umroh
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Haji
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:06
Last Modified: 20 Jul 2023 07:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10603

Actions (login required)

View Item View Item