Implementasi Shalat Dhuha Dalam Mengurangi Kecemasan Karir Masa Depan (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah, Kudus)

Arifin, Muhamad Zainal (2023) Implementasi Shalat Dhuha Dalam Mengurangi Kecemasan Karir Masa Depan (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah, Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (141kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (289kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dan perilaku implementasi shalat dhuha santri dalam mengurangi kecemasan karir yang dirasakan. Penelitian ini merupakan field research katagori studi kasus (case study) menggunakan desain holistic single-case study. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling, dengan jenis purposive sampling. Subyek dalam penelitian ini adalah empat santri yang ada di Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah Honggosoco Kecamatan Jekulo, Kudus. Sumber data berupa sumber data primer dan sumber data sekunder, menggunakan teknik pengumpulan data penelitian observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data menggunakan tahap describing experience, describing meaning, kemudian tahap fokus pada analisis (focus of the analysis). Langkah penelitian studi kasus yaitu melakukan perencanaan (plan) dengan mencari subyek narasumber, menentukan jenis design studi kasus yang akan digunakan, mempersiapkan teknik pengumpulan data, melakukan analisis, dan langkah terakhir adalah membuat laporan penelitian (share). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan implementasi melaksanakan shalat dhuha dalam mengurangi kecemasan karir masa depan. Sebelum masuk pondok dan penerapan shalat dhuha tiga santri memiliki kecemasan terikat, satu santri bebas dari kecemasan, santri pertama memiliki kegelisahan kerja, ketiga persaingan kerja, keempat minimnya lapangan kerja. Setelah masuk pondok dan penerapan shalat dhuha, merasakan ketenangan, ketagihan, selalu optimis, istiqomah, tidak mudah menyerah, menikmati pekerjaan. Kedua, dampak perilaku implementasi shalat dhuha dalam mengurangi kecemasan karir masa depan. Perilaku santri banyak bersyukur atas nikmat Allah, kenyamanan campur tangan Allah, mencari rezeki berkah, kebal terhadap segala masalah, bekerja tekun ulet dan rajin melaksanakan shalat dhuha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaliyo, SaliyoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Karir, Shalat Dhuha
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam > Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:49
Last Modified: 24 Jul 2023 01:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10635

Actions (login required)

View Item View Item