Implementasi Model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Berbasis Etnomatematika Menara Kudus untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP

A'dadiyyah, Nurul Layalil (2023) Implementasi Model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Berbasis Etnomatematika Menara Kudus untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (424kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (721kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (257kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII pada salah satu SMP di Kudus merupakan landasan penelitian ini dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan akhir dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model REACT berbasis etnomatematika Menara Kudus dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain penelitian non equivalent control group design. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas VII-D SMP 2 Jekulo yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas VII-H SMP 2 Jekulo yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran model REACT berbasis etnomatematika Menara Kudus. Siswa mengerjakan pretest dan posttest kemampuan koneksi matematis pada materi bangun datar segiempat. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa: 1) kemampuan akhir koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model REACT berbasis etnomatematika Menara Kudus lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model REACT berbasis etnomatematika Menara Kudus lebih baik secara signifikan daripada peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil temuan ini mengimplikasikan bahwa model REACT berbasis etnomatematika Menara Kudus dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalasari, Putri NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: model REACT, etnomatematika Menara Kudus, kemampuan koneksi matematis, bangun datar segiempat.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:53
Last Modified: 24 Jul 2023 01:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10638

Actions (login required)

View Item View Item