Pengaruh Model Project Based Learning Melalui Pembuatan Herbarium Terhadap Ketrampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon

Pratama, Muhammad Rizky (2023) Pengaruh Model Project Based Learning Melalui Pembuatan Herbarium Terhadap Ketrampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (820kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (685kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (562kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (842kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang mencoba untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning melalui pembuatan herbarium terhadap ketrampilan berpikir kreatif peserta didik kelas IV MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group. Hal ini karena pembelajaran di sekolah masih berfokus pada penerimaan pengetahuan, ingatan dan penalaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif adalah dengan model project based learning melalui pembuatan herbarium. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil populasi seluruh siswa kelas IV di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon yang berjumlah 59 peserta didik. Sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 51 peserta didik terdiri dari 26 peserta didik kelas IV A sebagai kelas Eksperimen dan 25 peserta didik kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan sudah diuji cobakan kepada 20 anak nonrespondent dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas rhitung > rtabel Serta hasil uji reliabilitas memiliki nilai Cronbach Alpha ≥ rtabel (0,60). Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen sebesar 53,78 dan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol sebesar 44,39. Adapun nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 72,47 dan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol sebesar 57,53. Adapaun hasil ketrampilan berpikir kreatif kelas eksperimen pada indikator fluency (kelancaran) 79%, flexibility (Keluwesan) 71%, originality (Keaslian) 73% dan indikator elaboration (Merinci) sebesar 56% sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pada tiap indikator lebih rendah daripada kelas eksperimen, yakni pada indikator fluency (kelancaran) 71%, flexibility (Keluwesan) 65%, originality (Keaslian) 60% dan indikator elaboration (Merinci) sebesar 43% . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat “pengaruh dalam penggunaan model project based learning melalui pembuatan herbarium terhadap ketrampilan berpikir kreatif peserta didik kelas 4 MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon. Adanya pengaruh model project based learning mempengaruhi ketrampilan berpikir kreatif peserta didik dibuktikan dengan persamaan regresi 18,802 + 0.933X. Adanya model project based learning ini memiliki hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,877yang termasuk dalam kategori sangat kuat dan dapat memberi kontribusi bagi peserta didik dalam meningkatkan ketrampilan berpikir kreatif peserta didik sebesar 76,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFawaida, UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Ketrampilan Berpikir Kreatif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:52
Last Modified: 26 Jul 2023 01:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10677

Actions (login required)

View Item View Item