Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Berprestasi Sebagai Variabel Mediasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Kudus

Pramono, Nur Wahyu Eko (2023) Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Berprestasi Sebagai Variabel Mediasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (474kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (818kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (785kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (986kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh variabel supervisi akademik terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Kudus; 2) untuk mengetahui pengaruh variabel supervisi akademik terhadap motivasi berprestasi guru di Madrasah Tsanawiyah di Negeri Kabupaten Kudus; 3) untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Kudus; 4) untuk mengetahui pengaruh variabel supervisi akademik terhadap kinerja guru dengan motivasi berprestasi sebagai variabel mediasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, pengamatan dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh guru yang mengajar di MTs. Negeri 1 Kudus dan MTs. Negeri 2 Kudus. Teknik analisis data yang digunakan dengan Analisis Regresi Moderasian (Moderated Regression Analysis) untuk mengetahui apakah motivasi berprestasi akan memperkuat atau memperlemah hubungan supervisi akademik dengan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) supervisi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Kudus. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai t-hitung sebesar 4,369 lebih besar dari t-tabel 1,658 dan nilai signifikansinya 0,000 lebih kecil dari 0,05. 2) supervisi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Kudus. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai t-hitung sebesar 6,958 lebih besar dari t-tabel 1,658 dan nilai signifikansinya 0,000 lebih kecil dari 0,05. 3) Motivasi berprestasi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Kudus. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai t-hitung sebesar 4,119 lebih besar dari t-tabel 1,658 dan nilai signifikansinya 0,000 lebih kecil dari 0,05. 4) motivasi berprestasi tidak memperkuat hubungan antara supervisi akademik dengan kinerja guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Kudus. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai t-hitung sebesar 0,627 lebih besar dari t-tabel 1,658 dan nilai signifikansinya 0,532 lebih besar dari 0,05. Meskipun motivasi berprestasi tidak memperkuat, namun variabel ini masih mempunyai hubungan. Dan hubungan ini dilihat dari nilai koefisien regresi yang positif sebesar 0,009.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasrukhin, MasrukhinUNSPECIFIED
Thesis advisorNofiaturrahmah, FifiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kinerja Guru, Motivasi Berprestasi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:58
Last Modified: 26 Jul 2023 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10679

Actions (login required)

View Item View Item