Pengaruh Penerapan Metode TGT (Team Games Tournament) Terhadap Keterampilan Berpendapat Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Al Fattah Juwana Pati

Anam, Khairul (2023) Pengaruh Penerapan Metode TGT (Team Games Tournament) Terhadap Keterampilan Berpendapat Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Al Fattah Juwana Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (569kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (885kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (854kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran itu sudah inovatif , tetapi dalam penguasaan kelas, proses pembelajaran masih kurang maksimal terutama dalam keterampilan berpendapat siswa. Dengan adanya penerapan metode TGT (Team Games Tournament) yang diterapkan oleh guru tersebut ,peneliti ingin menguji pengaruh penerapan metode TGT (Team Games Tournament) terhadap keterampilan berpendapat siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV MI Al Fattah Juwana Pati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruh penerapan metode TGT (Team Games Tournament) terhadap keterampilan berpendapat siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Mi Al Fattah Juwana Pati. Jenis penelitian ini adalah Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian yaitu penelitan lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner (angket) yang disebar langsung kepada siswa kelas IV MI Al Fattah Juwana Pati, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV MI Al Fattah Juwana Pati yang berjumlah 100 siswa, diambil sampel teknik Simple Random Sampling dengan toleransi 5% mendapati 80 siswa , menggunakan uji analisis SPSS 20.Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana dan uji statistik uji F. Hasil temuan peneliti terkait Pengaruh metode TGT (Team Games Tournament) dibuktikan dengan Uji Signifikansi Koefisien Persamaan Regresi atau sering disebut dengan uji F dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai Fhitung (4,103) dengan hasil lebih besar daripada Ftabel (3,114) dan nilai signifikansi 0,046 < 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwasanya sesuai dengan hasil data yang diperoleh dan melalui hasil analisis uji menyatakan menerima hipotesis yaitu adanya pengaruh variabel Metode TGT (Team Games Tournament) terhadap variabel keterampilan berpendapat siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Al Fattah Juwana Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusilowati, RetnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode TGT, Keterampilan Berpendapat, Pembelajaran Kooperatif.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:48
Last Modified: 28 Jul 2023 01:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10710

Actions (login required)

View Item View Item