Implementasi Metode Index Card Match Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas III Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di MI Nihayaturroghibin Sundoluhur Kayen Pati Tahun Pelajaran 2022/2023

Innayah, Reza Nidaul (2023) Implementasi Metode Index Card Match Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas III Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di MI Nihayaturroghibin Sundoluhur Kayen Pati Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (772kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (514kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (449kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (645kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi Metode Index Card Match Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab kelas III di MI Nihayaturroghibin Sundoluhur Kayen Pati tahun pelajaran 2022/2023; (2) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dari Implementasikan Metode Index Card Match Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab kelas III di MI Nihayaturroghibin Sundoluhur Kayen Pati tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu jenis pendekatan yang lebih menekankan analisis terhadap dinamika antara fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian yaitu kepala madrasah, guru mata pelajaran Bahasa Arab, dan siswa kelas III. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian yaitu uji creadibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), uji dependability (reliabilitas), dan uji confirmability (obyektivitas). Tehnik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode Index Card Match pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas III di MI Nihayaturroghibin yaitu melalui proses perencanaan pelaksanaan evaluasi meliputi penyusunan RPP dan seluruh komponen yang ada dalam RPP, seperti media pembelajaran, materi pembelajaran, dan perencanaan dalam pembelajaran. Proses Pelaksanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran, meliputi kegiatan pendahuluan atau pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal dilakukan guru dengan cara memberikan motivasi, memusatkan perhatian, dan apersepsi; (2) Implementasi metode Index Card Match pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas III MI Nihayaturroghibin Sundoluhur terdapat dua faktor, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya yaitu adanya dorongan dari kepala sekolah, adanya kemampuan dan kemauan guru dalam menerapkan metode pembalajaran, adanya sarana prasarana yang memadai untuk terlaksananya pembelajaran, adanya siswa yang berperan aktif dalam pembelajaran, dan adanya lingkungan yang cukup kondusif. Sedangkan faktor penghambat yaitu karakteristik siswa yang kurang percaya diri, alokasi waktu yang diperlukan siswa untuk mengulas serta mencari pasangannya yang cukup lama, juga suasana kelas menjadi gaduh dan mengganggu beberapa kelas disekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulthon, SulthonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode, Index Card Match, Bahasa Arab, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:02
Last Modified: 28 Jul 2023 02:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10717

Actions (login required)

View Item View Item