Pengaruh Pembelajaran Fiqih Secara Daring Di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Di Mts Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang

Laili, Alfi Nur (2023) Pengaruh Pembelajaran Fiqih Secara Daring Di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Di Mts Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (432kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (549kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (865kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)

Abstract

Pembelajaran dengan metode Daring dan motivasi belajar siswa merupakan 2 hal yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Dengan menggunakan penggunaan pembelajaran dengan metode Daring dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran Daring terhadap motiasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang pengaruh penggunaan metode pembelajaran Daringterhadap motiasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih MTs Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang di. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas Kelas VIII Di MTs Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis data menggunakan rumus product moment. Hasil analisis penelitian ini adalah 1) Dari penggunaan metode pembelajaran daring pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang di dapatkan nilai rata- rata dari variabel metode team product adalah sebesar 56,38 atau dipersentasikan sekitar 41% pada frekuensi 41, dan hal tersebut termasuk dalam kategori Cukup. Ini diperlihatkan dari sebagian responden yang sedang – sedang saja dalam mengikuti proses kegiatan pembelajran. 2) Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Miftahul Huda Magun Kaliori Rembang di dapatkan nilai rata- rata dari kemampuan beragumentasi siswa adalah sebesar 42,73 atau dipersentasikan sekitar 39% pada frekuensi 39, dan hal tersebut termasuk dalam kategori Cukup. Ini diperlihatkan dari sebagian responden yang sedang – sedang saja pada kemampuan beragumentasi siswa. 3) pengaruh penggunaan metode pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Miftahul Huda Maguan kaliori Rembang dilihat dari koefisien garis 0,490 yang bernilai positif dan diketahui nilai t hitung sebesar 7,095 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa pembelajaran daring mempunyai pengaruh yang siginfikan terhadap motivasi belajar siswa terbukti siginifikan kebenaranya. Besarnya pengaruh metode pembelajaran daring (X) berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 50,33% dan sisanya 49,67% untuk variabel-variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidin, ZaenalUNSPECIFIED
Thesis advisorKhaqiqi, Arghob KhofyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Daring, Kemampuan Motivasi Belajar Peserta Didik, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > Motivasi Belajar
Fiqih, Hukum Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:17
Last Modified: 28 Jul 2023 02:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10723

Actions (login required)

View Item View Item