Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di MTs Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun 2022/2023

Luthfiyah, Naila Kholishotul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di MTs Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (535kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (485kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (729kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (749kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (969kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan model pembelajaran teams games tournaments (TGT) dalam pembelajaran fiqih. 2) mengetahui tingkat motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran fiqih dengan model konvensional. 3) mengetahui tingkat motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran fiqih dengan model teams games tournaments (TGT). 4) mengetahui pengaruh model TGT terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Agar tujuan tersebut dapat tercapai, maka peneliti melakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen desain non equivalen group design. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Matholi’ul Huda Bugel yang berjumlah 436 siswa. Sedangkan sampelnya berjumlah 84 siswa. Adapun pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model TGT pada materi sedekah, hibah, dan hadiah dilaksanakan sesuai sintaks TGT. Berdasarkan observasi keterlaksanaan sintaks model TGT pada pertemuan pertama sebesar 70% dan pertemuan kedua dan ketiga sebesar 100%. 2) pada kelas kontrol, tingkat motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran fiqih dengan model konvensional nilai rata-rata pretest 63,88 dan nilai rata-rata posttest 65,29. 3) Pada kelas eksperimen, tingkat motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran fiqih dengan model teams games tournaments (TGT) sebelum diterapkan model TGT rata-ratanya sebesar 62,68 dan setelah diterapkan model TGT memperoleh nilai rata-rata 74,40. 4) pada hasil uji independent samle t-test menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 5,214 > 1,664 dan Sig.(p) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fiqih di kelas VIII di MTs. Matholi’ul Huda Bugel Tahun 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT), Motivasi Belajar, Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:19
Last Modified: 28 Jul 2023 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item View Item