Pengaruh Penggunaan Ice breaking dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas VII MTs Mu’allimat NU Kudus

Sabila, Sarah Luluk (2023) Pengaruh Penggunaan Ice breaking dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas VII MTs Mu’allimat NU Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (364kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (716kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana penggunaan ice breaking pada mata pelajaran SKI kelas VII MTs Mu’allimat NU Kudus?. 2) Bagaimana minat siswa kelas VII MTs Mu’allimat NU Kudus pada pembelajaran mata pelajaran SKI?. 3) Apakah ada pengaruh penggunaan ice breaking terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII MTs Mu’allimat NU Kudus?. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experimental Design. Adapun subjek penelitian adalah siswi MTs Mu’allimat NU Kudus dengan populasi penelitian siswi kelas VII, serta menggunakan teknik pengambilan sampel Sampling Insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan 20 butir pertanyaan yang dibagikan kepada responden kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Setelah data penelitian yang dibutuhkan terkumpul, selanjutnya peneliti melakukan analisis data yang dimulai dari uji normalitas data, uji linieritas data, dan uji hipotesis. Hasil hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penggunaan ice breaking pada kelas VII dalam kategori baik yaitu memperoleh nilai 29,95 dalam rentang interval 26-33 yang berarti bahwa penggunaan ice breaking pada mata pelajaran SKI termasuk dalam kualifikasi tinggi. (2) Minat siswa mata pelajaran SKI kelas VII dalam kategori baik yaitu memperoleh nilai 27,17 dalam rentang interval 24-30 yang berarti bahwa penggunaan ice breaking pada mata pelajaran SKI kelas VII termasuk dalam kualifikasi tinggi sehingga terdapat peningkatan pada minat belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh penggunaan ice breaking dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII MTs Mu’allimat NU Kudus, dengan koefesiensi korelasi variabel X dan variabel Y memperoleh 0,607, koefesien determinasi sebesar 0,368 menunjukan bahwa penggunaan ice breaking memberikan kontribusi sebesar 36,8% terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII MTs Mu’allimat NU Kudus. Dengan demikian penggunaan ice breaking memiliki pengaruh yang signifikansi terhadap minat belajar siswa mata pelajaran SKI kelas VII Mts Mu’allimat NU Kudus. (4) Penggunaan ice breaking memiliki pengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa, kelas VII mata pelajaran SKI kelas VII MTs Mu’allimat NU Kudus, hal ini dibuktikan dengan adanya kondisi kelas yang lebih aktif, siswa lebih bersemangat .mengikuti pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSanusi, SanusiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Ice breaking, Minat Belajar Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam..
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:44
Last Modified: 03 Aug 2023 01:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10766

Actions (login required)

View Item View Item