Peran Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) dalam Meningkatkan Minat Menghafal Al-Qur’an di TPQ Raudlatul Murottilin Bermi Gembong Pati

Najib, Ainun (2023) Peran Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) dalam Meningkatkan Minat Menghafal Al-Qur’an di TPQ Raudlatul Murottilin Bermi Gembong Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (435kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (846kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (440kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (603kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (363kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)

Abstract

TPQ Raudlatul Murottilin merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Islam yang ada di Bermi Gembong Pati. Sebagai sebuah Lembaga Pendidikan Islam tentunya TPQ Raudlatul Murottilin memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas membaca dan minat menghafal Al-Qur’an bagi anak-anak di Desa Bermi Gembong Pati. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan peran Lembaga Pendidikan Al-Qur’an dalam meningkatkan minat menghafal Al-Qur’an di Bermi Gembong Pati, meliputi: konsep, jenis, dan kendala yang dihadapi dalam menjalankan peran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan pengajian dokumen. Subjek dan Informan dalam penelitian ini ialah Kepala, Ustadz/ustadzah, peserta didik, dan wali peserta didik TPQ Raudlatul Murottilin Bermi Gembong Pati. Setelah diperoleh data, dianalisis dengan menggunakan Teknik Analisis Integratif, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data digunakan triangulasi data dan sumber. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep peran Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) merupakan suatu lembaga pendidikan Islam yang diperankan oleh TPQ Raudlatul Murottilin dalam meningkatkan minat menghafal Al-Qur’an pada peserta didik sehingga menjadi insan yang qur’ani dan berakhlaqul karimah; (2) adapun jenis peran Lembaga Pendidikan Al-Qur’an TPQ Raudlatul Murottilin dalam meningkatkan minat menghafal Al-Qur’an, yaitu: (a) sebagai tempat pendidikan yang menyiapkan kemampuan dasar membaca Al-Qur’an yang baik dan benar sesuai tajwid dan makhorijul huruf; (b) sebagai motivator untuk menjadi penghafal Al Quran melalui para guru yang hafidz/ah; (c) sebagai tempat pelayanan menghafal Al Quran dasar, dengan mengajarkan tata cara menghafal Al-Qur’an, melayani setoran, dan mengawal deresan atau pengulangan hafalan secara sistematis; serta (d) sebagai pemberi dasar akhlaq dan karakter penghafal Al-Qur’an melalui keteladan, pembiasaan, dan pendisiplinan; dan (3) kendala dalam menjalankan peran tersebut, yaitu: (a) tidak meratanya kesadaran peserta didik terhadap pentingnya menghafal Al Quran sehingga tidak meneruskan menghafal Al-Qur’an setelah lulus dari TPQ; (b) rendahnya kesadaran orang tua yang masih menganggap LPQ sebagai lembaga non formal, sehingga seringkali masih dikalahkan dengan program pendidikan di sekolah/madrasah formal;dan (c) kurangnya tenaga pengajar yang bergelar hafidz/ah; serta (d) keterbatasan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran menghafal Al-Qur’an (tahfidz). Adapun solusi dalam menghadapi kendala tersebut adalah dengan memberikan motivasi dan pendekatan bagi peserta didik dan wali peserta didik serta memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada untuk menunjang kegiatan tahfidz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChoir, AbuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, LPQ, Minat Menghafal Al-Qur’an.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:13
Last Modified: 09 Aug 2023 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10798

Actions (login required)

View Item View Item